Tips Hemat Biaya Bangun Rumah

biaya bangun rumah

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah, semua orang pasti ingin memiliki rumah sendiri. Apalagi jika sudah berumah tangga, memiliki rumah sendiri sudah menjadi tujuan, tapi biaya bangun rumah memanglah tidak murah, belum lagi harus menyisihkan penghasilan untuk biaya yang lain.

Membangun sebuah rumah itu memang menjadi pencapaian tersendiri bagi setiap individu, namun akan lebih baik jika anda tetap membagi antara kebutuhan harian atau bulanan terlebih dahulu, lalu sesuaikanlah seberapa besar rumah yang anda butuhkan saat ini, apabila anda masih tinggal sendiri bangunlah rumah sesuai kebutuhan. Jangan hanya karena gengsi, lalu anda memaksakan diri untuk membangun rumah yang sebenarnya melebihi budget dan membuat anda berhutang.

Tapi apabila anda sudah tahu bagaimana strateginya, pasti pengeluaran untuk membangun rumah dapat ditekan dengan baik dan tentu akan menjadi lebih hemat. Berikut adalah tips membangun rumah dengan biaya yang hemat tapi tetap bisa memiliki rumah seperti keinginan.

Tips Hemat Bangun Rumah

Membangun sebuah rumah idaman pastilah tidak murah, bukan hanya dari segi material tapi juga untuk membayar pekerja. Belum lagi pembangunan yang membutuhkan waktu lama, tidak hanya satu atau dua bulan tapi bisa sampai setahun bahkan lebih. Lalu bagaimana caranya agak bisa mendapatkan rumah yang diidamkan, tapi tidak mengeluarkan biaya yang besar? Yuk, simak tips di bawah :

  • Buatlah Anggaran Sesuai Type Rumah yang Diinginkan.

Tentukan type rumah yang diinginkan, karena dengan menentukan type rumah terlebih dahulu anda akan lebih mudah memastikan detail anggaran yang dibutuhkan. Dengan mengetahui type rumah, maka sudah dipastikan berapa lamanya pembangunan, berapa besar lahan yang dibutuhkan, seberapa banyak material yang dibutuhkan dan yang pasti akan dengan mudah menentukan berapa orang pekerja. 

biaya bangun rumah

  • Survei Harga Material yang Dibutuhkan

Lakukanlah survei harga material yang akan digunakan. Tidak masalah jika membandingkan satu toko dengan toko yang lain. Misal toko A menjual batu bata lebih murah dari toko B dan toko C ternyata menjual semen lebih murah dibanding toko A, maka belilah material-material yang murah dan dibutuhkan dari toko tersebut. Catat setiap harga material dari tiap toko, misalnya mereka menawarkan diskon atau memiliki promo, manfaatkan. Tapi tetap harus menghitung budget yang dimiliki.

  • Gunakan Desain Rumah Minimalis

Berikutnya agar dapat berhemat dalam pembangunan rumah, pilihlah desain rumah minimalis. Rumah minimalis bukan berarti rumah kecil, tapi lebih kepada membuat ruangan didalam rumah dengan tidak terlalu banyak sekat dan ruangan bisa dipergunakan secara bersamaan. Misal, buatlah bagian dapur lebih luas, ini dimaksudkan dapur tidak hanya untuk memasak tapi juga sekaligus menjadi ruang makan. Keuntungan lainnya, anda tidak perlu memanggil jasa arsitek karena anda bisa mencari desain yang diinginkan melalui internet.

  • Gunakan Jasa Borongan, Jangan Harian

Pekerja bangunan adalah poin penting bila anda ingin membangun rumah. Ada dua jenis pekerja, borongan dan harian. Apabila anda menginginkan pembayaran yang lebih murah, ada baiknya menggunakan jasa pekerja borongan. Walau banyak yang mengatakan jika membayar pekerja secara borongan hasilnya tidak akan bagus, namun belum tentu hal itu benar adanya. Kelebihan menggunakan jasa borongan, anda akan dapat menyelesaikan pembangunan rumah tepat waktu dan tentu saja akan jauh lebih murah menggunakan jasa pekerja bangunan secara borongan ketimbang pekerja harian, sehingga dapat menekan biaya.

  • Bangun Rumah Secara Bertahap

Apabila biaya yang dikeluarkan masih kurang, anda dapat menghentikan sejenak pembangun rumah dan melanjutkannya saat dana sudah kembali terkumpul. Tidak ada salahnya melakukan pembangunan secara bertahap, dimulai dari pondasi, lalu berlanjut kerangka rumah, hingga ketahap penyelesaian. Keuntungan lain membangun secara bertahap adalah tidak akan ada material yang tidak terpakai.

  • Pilihlah Material Murah, Namun Berkualitas

Bahan bangunan yang murah belum tentu kualitasnya tidak bagus. Sekarang sudah banyak bahan material buatan lokal yang memiliki kualitas tidak kalah bagus dengan bahan impor, pastinya jika menggunakan bahan dari dalam negeri harga yang didapat akan jauh lebih murah dan sudah barang tentu anda dapat menghemat pengeluaran. Salah satu contoh bahan material yang murah tapi berkualitas adalah kayu. Kayu-kayu yang diproduksi di negeri kita ini merupakan kayu terbaik, jika tidak baik tidak mungkin akan di ekspor keluar negeri.

Apabila anda sudah melakukan strategi pembangunan seperti tips-tips di atas, tidak ada salahnya jika anda juga mengasuransikan rumah tersebut. Agar bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, apalagi jika rumah yang anda bangun berada di area yang rawan bencana. Jika sudah diasuransi, hati akan terasa lebih nyaman dan juga aman. Dengan semua rencana biaya bangun rumah seperti di atas, semoga dapat membantu bagi anda yang ingin memulai membangun rumah dengan dana yang minim.