Tips Hidup Sehat Bagi Karyawan Super Sibuk

cara hidup sehat

Mempunyai tubuh yang selalu fit dan sehat tentu akan membuat siapapun senang. Dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa harus merasakan keluhan-keluhan, dapat pergi kemana saja dan banyak lagi. Akan tetapi untuk sebagian orang, berbicara mengenai menjaga kesehatan diri adalah hal yang sulit dan membutuhkan tips hidup sehat.

Jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, fit dan bugar sepanjang hari, Anda wajib menerapkan pola kehidupan yang sehat, mulai dari mengkonsumsi asupan makanan serta minuman hingga gaya hidup sehari-hari. Agar dapat melakukan pola tersebut tentu membutuhkan kerja keras, perjuangan dan konsistensi pastinya.

Menjalankan gaya hidup sehat akan menjadi terasa semakin berat untuk Anda yang mempunyai rutinitas yang super sibuk. Memiliki jadwal kerja dari pagi hingga sore atau bahkan malam hari selalu menjadi alasan utama yang menyebabkan banyak orang kesulitan menerapkan gaya hidup sehat. Apalagi jika pulang kerumah masih ditunggu pekerjaan tambahan hingga dini hari.

Memiliki jadwal pekerjaan yang padat, seperti survey lapangan, meeting, hingga berbagai proyek yang memiliki deadline sehingga memaksa tubuh untuk dapat menyelesaikan dengan segera, dimana pada prosesnya tenaga dan pikiran sudah terkuras habis. Dengan memiliki waktu yang mepet akhirnya membawa seseorang untuk mengkonsumsi jenis makanan yang tidak sehat, atau mencari makanan seperti junk food atau makan cepat saji.

Tidak hanya itu saja, kehadiran kafein seakan menjadi teman sejati ketika begadang dan mengerjakan seluruh pekerjaan yang ada. Karena jadwal yang sangat sibuk, aktivitas seperti olahraga menjadi hal yang tidak mungkin bisa dilakukan. Ya, agar bisa menerapkan gaya hidup sehat tentu memerlukan komitmen yang yang bulat. Tanpa hal tersebut, memiliki rencana menjalankan pola hidup sehat cuma akan sebatas ucapan.

Nah, untuk Anda yang merupakan karyawan perusahaan yang memiliki waktu yang sibuk, terdapat tips kesehatan yang bisa Anda terapkan sendiri dalam kehidupan Anda. Contoh seperti yang ada di bawah ini  :

tips hidup sehat

1.       Mengkonsumsi Air Putih

Bisa dikatakan, kandungan air pada tubuh manusia dapat mencapai 50 persen, maka tidak heran apabila air menjadi pondasi utama supaya organ yang ada didalam tubuh bisa bekerja dengan stabil. Memiliki jam kerja super sibuk tentu akan menyita banyak sekali energi. Tidak jarang orang-orang lebih memilih air kopi supaya mata mereka bisa terjaga dan terhindar dari rasa kantuk.

Perlu Anda ketahui bahwa kebiasaan tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi air putih delapan gelas sehari tentunya jauh lebih baik dibanding Anda mengkonsumsi kopi sampai bergelas-gelas.

Parahnya lagi, bagi sebagian orang mengkonsumsi air putih delapan gelas sehari menjadi hal yang sulit. Sebetulnya, kebiasan ini sangat mudah diatasi. Sederhananya yakni dengan membawa selalu botol air ketika Anda pergi kemanapun.

2.       Menjaga Asupan Nutrisi

Berbicara seputar tips kesehatan, tentunya tidak jauh dari yang namanya asupan makanan. Memakan masakan yang sehat akan selalu menjadi hambatan terbesar bagi Anda yang memiliki jam yang sibuk, dimana waktu untuk memilih atau mendapatkan asupan makanan yang sehat menjadi hal yang sulit dilakukan, karena kondisi yang membuat selalu terburu-buru dalam hal apapun, sehingga makanan cepat saji selalu menjadi menu andalan.

Akan tetapi, jika Anda perhatikan. Saat ini sudah banyak resto atau warung makan yang turut menyediakan makanan sehat. Apalagi kehadiran berbagai fitur canggih HP yang memungkinkan Anda untuk bisa membeli melalui online tanpa harus menyita waktu dalam bekerja.

3.       Istirahat yang Cukup

Menjadi masalah terbesar seseorang yang mempunyai jadwal super sibuk adalah tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, dan selalu bekerja hingga lembur sampai pagi. Hal inilah yang menjadi penghambat paling besar untuk bisa beristirahat dengan cukup. Tidak hanya itu, bahkan ada saja orang yang terus bekerja walau sedang cuti atau dihari libur.

Memiliki waktu yang super padat, tentu harus bisa diimbangi dengan mencari waktu istirahat supaya tubuh tetap sehat dan tidak terkena penyakit yang akan menjadi lebih fatal. Tidak ada salahnya untuk mencari waktu istirahat meski hanya beberapa waktu. Misalnya ketika jam istirahat makan siang, atau ketika akhir pekan. Anda harus bisa mengontrol dan mengaturnya sendiri, agar bisa menjalankan pola hidup sehat dari tips kesehatan yang dijelaskan pada artikel ini.

4.       Olahraga Ringan

Setelah Anda bisa mengkonsumsi jenis makan sehat, aktivitas seperti olahraga merupakan salah satu tips kesehatan yang perlu Anda terapkan dalam hidup. Namun, orang yang selalu sibuk oleh jam kerja merasa waktu untuk berolahraga tidak ada sama sekali.

Sebetulnya siapa pun dapat melakukan olahraga, seperti olahraga ringan dengan melakukan jogging sekitar 30 menit, lompat tali, atau berjalan santai di komplek rumah sebelum Anda berangkat kerja. Maka tips hidup sehat satu ini bisa menjadi perhatian serius untuk Anda yang ingin tetap bugar meski memiliki jam kerja yang sangat sibuk.