Tips Investasi Emas Untuk Pemula, Dijamin Berfaedah

Investasi emas

Sudah memiliki penghasilan tidak menjamin bahwa masa depan kita akan enak dan terjamin. Kita harus mempersiapkan semua itu sedari dini agar masa depan lebih terjamin. Hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa depan misalnya dengan menabung ataupun investasi. Dengan investasi yang tepat kita bisa mempersiapkan masa depan kita untuk menjadi lebih baik selagi kita masih punya penghasilan tetap. 

Banyak sekali pilihan investasi yang bisa dilakukan selagi kita masih punya penghasilan. Mulai dari yang resiko rendah seperti deposito hingga  saham, tanah bahkan investasi emas. Semua bisa kita sesuaikan dengan budget yang kita miliki. Dan salah satu investasi yang bisa dibilang mudah untuk pemula adalah investasi emas.

Emas tidak hanya menarik sebagai perhiasan, tapi emas juga bisa jadi pilihan investasi yang sangat menguntungkan. Kenapa demikian? Karena emas mempunyai tren harga yang terus naik dan sangat jarang mengalami penurunan. Emas juga tahan terhadap inflasi karena nilainya tidak akan turun. 

Selain itu emas bisa menjadi sarana menyimpan dana darurat, yang bisa dicairkan sewaktu-waktu bila ada kebutuhan yang sangat mendesak. Emas pun bisa menjadi aset masa depan yang bisa diwariskan ke anak cucu loh dengan nilai yang semakin lama akan semakin tinggi. Bahkan kini investasi emas pun sudah bisa dilakukan secara digital. 

Sudah banyak investasi emas online yang bisa kita mulai dengan minimal Rp. 10.000,- saja. Tertarik untuk mencoba investasi emas? Yuk disimak tips investasi emas untuk pemula supaya lebih berhasil dalam investasinya.

Tips investasi Emas

Berikut ini adalah tips investasi emas untuk Anda: 

Menetapkan tujuan dari investasi

Sebelum memulai investasi, pastikan dulu apa yang akan menjadi tujuan dari investasi tersebut. Ada tujuan jangka panjang yang ingin diraih agar kita bisa menetapkan target dalam untuk mengejar tujuan tersebut. Tanpa adanya tujuan yang pasti, kita tidak bisa fokus dalam mengejar target yang mungkin sudah ditetapkan.

Memantau secara berkala perkembangan harga emas 

Sangat penting untuk memantau perkembangan harga emas walaupun sangat jarang terjadi perubahan harga yang signifikan. Kita harus mempunyai strategi untuk membeli emas untuk meningkatkan keuntungannya dengan cara membeli emas ketika harga emas sedang turun. 

Dan ketika harga emas melonjak tinggi, kita bisa saja menjual kembali. Namun demikian sebaiknya investasi emas dilakukan jangka panjang misalnya 5-10 tahun untuk mendapatkan harga jual yang sangat signifikan. Jadi jangan buru-buru menjual hanya karena melihat lonjakan harga jual di pasaran.

Bandingkan harga

Sebelum memutuskan membeli emas, bandingkan dulu harganya karena setiap produsen mempunyai harga jual dan ketentuan yang berbeda-beda. Selain itu kita juga harus paham dengan produk yang akan kita beli. Mulai dari tingkat kemurniannya, legalitasnya, dan juga harga jual kembalinya. Cari harga dan keuntungan terbaik saat memutuskan membeli produk emas tersebut.

Memilih tempat yang terpercaya

Setelah sudah diputuskan produk emas yang akan dibeli, pilihlah tempat penjualan emas yang resmi dan terpercaya. Jangan sekali-kali membeli di tempat yang belum jelas kredibilitasnya karena marak penipuan di investasi ini. Jangan hanya karena iming-iming harga murah kita malah tertipu dengan emas yang tidak jelas bahkan palsu. 

Pastikan dulu sertifikat dan keaslian dari emas yang kita beli. Belilah di tempat penjualan emas yang terjamin takaran karatase dan legalitasnya. Pastikan dulu juga purna jualnya karena ada beberapa produk emas yang bila kita jual kembali di tempat lain (bukan tempat kita membelinya) harganya menjadi turun. 

Jika ingin membeli secara online, pastikan tempat kita membeli emas tersebut terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kita bisa juga membeli emas di PT Antam ataupun PT Pegadaian. Kedua tempat tersebut adalah Badan Usaha Milik Negara sehingga penjualannya lebih terpercaya.

Siapkan tempat penyimpanan yang aman

Hal yang tidak kalah pentingnya setelah kita memutuskan untuk membeli emas adalah menyiapkan tempat penyimpanannya. Pastikan tempat penyimpanan emas tersebut aman untuk mengurangi resiko hilang dan pencurian yang menyebabkan kerugian pada investasi kita. 

Bila kita ingin menyimpannya sendiri dirumah, kita bisa menggunakan brankas berkunci atau safety box dan meletakkannya ditempat yang di rasa aman. Atau bila dirasa kurang aman untuk menyimpannya sendiri, kita bisa menitipkannya di bank yang menawarkan safe deposit box (sdb). Dengan cara ini otomatis emas kita akan jauh lebih aman tapi kita harus membayar biaya yang ditentukan dari pihak bank. 

Fokus dalam berinvestasi demi masa depan

Hal terpenting yang harus kita lakukan dalam berinvestasi adalah tetap FOKUS. Anda harus yakin bahwa tujuan dari investasi ini adalah untuk masa depan. Saat melakukan investasi ini kita perlu kesabaran untuk bisa melihat hasilnya karena investasi ini baru akan terlihat signifikan dalam jangka panjang. Fokus kepada target investasi agar tujuan dari investasi tersebut bisa tercapai. 

Itulah sedikit tips investasi emas untuk pemula. Semoga tips ini bermanfaat untuk semua.