Tips Jualan Online Biar Laris Manis

tips jualan online

Membangun bisnis atau menjalankan usaha secara online adalah salah satu aktivitas yang sekarang menjadi kewajiban dilakukan di era saat ini, entah digunakan sebagai wadah memperkenalkan brand sebuah produk, atau dijadikan sebagai lapak utama mencari uang. Jika Anda ingin berbisnis online, pasti memerlukan tips jualan online paling jitu untuk diterapkan.

Meningkatnya para pengguna dari internet di negara Indonesia khususnya, turut menaikkan kepercayaan para pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian melalui online, hal ini membuat bisnis online begitu berpotensi serta sangat menjanjikan, dan digadang-gadang bisa melebihi bisnis offline.

Maka dari itu Anda harus mengetahui cara jualan online yang tepat agar produk Anda bisa laku keras dipasaran online dan tidak tertinggal oleh toko lain yang menjual produk sama, apalagi untuk Anda yang terlambat membangun bisnis online. Dibawah ini terdapat beberapa tips jualan online biar laris manis, simak ulasannya :

tips jualan online

1.       Memilih Jenis Produk yang Dijual

Cara jualan online agar laris manis salah satunya yaitu dalam menentukan jenis produk dan metode berjualan yang sesuai dengan modal dan waktu yang Anda punya. Jenis produk serta metode jualan online terdiri dari beberapa macam, antara lain :

  •         Dropship
  •         Reseller
  •         Menjual barang bekas
  •         Menjual barang hasil produksi sendiri
  •         Menawarkan jasa dari keahlian yang dimiliki

2.       Menjual Produk dengan Peminat yang Tinggi

Tips selanjutnya yakni dengan memilih produk atau barang yang sedang tren atau banyak peminat di pasaran agar bisa dijadikan ide bisnis online Anda. Sikap ini tentu sangat berguna agar Anda bisa memaksimalkan peluang, khusus jika Anda dapat memprediksi barang mana yang bakal menarik konsumen serta menjadi salah satu toko pertama yang menawarkan produk atau barang tersebut.

Pastinya untuk menentukan barang mana yang laku dan laris manis tidaklah mudah, sebab Anda harus mengikuti terus perkembangan dunia bisnis online sehingga dapat menemukan prediksi yang tepat.

3.       Memasang Foto Produk yang Bagus

Foto produk akan sangat menentukan daya tarik para calon konsumen, sebab ketika para pengguna mencari sebuah produk tentu yang mereka lihat adalah foto produk setelah itu baru deskripsi lengkap tentang produk yang Anda jual. Selain itu, dengan memasang foto produk yang bagus dan berkualitas akan memberi kesan profesional di mata calon konsumen.

Tidak harus mempunyai kamera mahal dan memiliki alat-alat yang serba canggih, namun yang terpenting gambar atau foto produk yang dipasang terlihat jelas, tidak blur, dan menarik jika dilihat dari berbagai sisi.

Jika tersedia opsi untuk mengupload beberapa gambar sekaligus, Anda juga dapat memakai gambar atau produk yang tersedia di Google, dan dipadukan dengan foto yang dihasilkan oleh kamera pribadi Anda.

4.       Mempromosikan Secara Online

Cara jualan online berikutnya, yakni apabila produk yang Anda ingin jual telah siap, jangan lupa untuk melakukan promosi secara online. Metode yang dilakukan cukup sederhana yakni membagikan URL dari produk yang ada di toko Anda ke berbagai sosial media atau berbagai platform online.

Selain itu, Anda juga dapat memasang iklan dan mempromosikan produk Anda ke sosial media agar produk yang akan dijual jangkauannya semakin luas dan berpotensi mendatangkan calon konsumen baru.

5.       Memiliki Proses Transaksi yang Mudah dan Efisien

Ketika memiliki bisnis online, Anda harus menyusun tahapan transaksi yang efisien dan tidak berbelit-belit. Hal ini tentu sangat penting dan harus menjadi perhatian bagi Anda sebab kecepatan dan ketepatan ketika menjalankan bisnis online sangat mempengaruhi penilaian bagi para konsumen, dan diusahakan untuk bisa membuat proses pembelian lebih simpel dan mudah, hingga sampai ke tangan pembeli dengan baik.

6.       Manajemen Stok Produk

Bagian ini juga tidak kalah penting, dimana Anda perlu menyimpan beberapa stok produk yang dipasarkan di toko online, sehingga akan sangat aman apabila para peminat meningkat pesat.

Anda bisa memulainya dengan mencatat stok yang tersedia, mengisi ulang stok produk, serta mencatat setiap produk yang keluar serta yang masuk.

7.       Membuat Program Promo Menari

Tips jualan online selanjutnya adalah membuat program promo menarik pada waktu-waktu tertentu, khususnya di waktu orang-orang sedang memiliki uang atau di hari-hari besar. Seperti di awal bulan dimana banyak orang yang baru mendapatkan gaji, atau menjelang hari lebaran, saat natal tiba, imlek hingga momen besar seperti perayaan tahun baru.

Anda dapat menawarkan berbagai varian promo menarik, seperti gratis ongkir, potongan 30 persen, beli satu gratis satu atau memberi potongan harga dengan ketentuan yang berlaku, dan masih banyak lagi. Memberi promo pada produk tentu menjadi hal yang umum dilakukan oleh para pebisnis online, maka jangan pernah lewatkan hal tersebut.