Tips Memangkas Biaya Lamaran Biar Kantong Tak Jebol

hemat lamaran

Bertunangan biasanya merupakan hal wajib yang dilakukan sebelum menggelar acara pernikahan, seperti ijab qobul dan resepsi. Bila dilihat dari sisi rangkaian acara, acara pertunangan memang tidak semewah pesta resepsi. Bahkan acara ini bisa dilakukan hanya di rumah atau restoran.

Walau begitu, tidak berarti acara pertunangan ini bebas dari biaya. Intinya tetap ada modal yang harus dikeluarkan, bahkan pada beberapa kegiatan akan memakan biaya cukup besar apabila Anda dan pasangan tidak membuat perencanaan terlebih dahulu.

Tips menghemat biaya pertunangan

Walau ini hanyalah acara pertunangan, Anda  pastinya ingin acara tersebut tetap terkesan mewah tetapi tidak memerlukan banyak biaya 

Berikut adalah tips bagi Anda agar bisa menekan biaya pertunangan :

Pilihlah lokasi yang sederhana

Apabila tujuan Anda adalah untuk menekan budget lamaran, maka Anda harus memilih lokasi yang sederhana. Maksudnya adalah mencari tempat yang dapat menampung banyak orang, namun biasa sewanya tidak terlalu mahal. Contohnya vila, syukur-syukur ada sanak saudara atau sahabat yang memilikinya, hal tersebut tentu akan sangat membantu.

Atau bila rumah Anda memiliki lahan yang luas, tidak perlu menyewa tempat. Cukup dekorasi halaman atau backyard Anda secantik mungkin. Untuk keperluan lain Anda bisa menyewanya atau menggunakan yang ada di rumah.

Lakukan sendiri dekorasinya

Bila Anda memutuskan untuk mengadakan acara lamaran di rumah, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah mendekorasi bagian yang akan digunakan. Tidak harus menggunakan jasa dekorasi, Anda bisa melakukan sendiri dengan dibantu keluarga.

Untuk konsep dan bahan yang dibutuhkan, Anda bisa mencari ide melalui internet dan e-commerce. Buatlah yang sederhana, namun tetap meninggalkan kesan manis dan mewah. Atau bila Anda memiliki saudara atau teman dengan keahlian mendekor bisa Anda mintai tolong.

Bila acara dilakukan di dalam ruangan, Anda harus memperhatikan pencahayaannya. Mungkin untuk hari itu, lampu didalam rumah harus diganti terlebih dahulu dengan yang lebih terang. Namun, bila dilakukan diluar, Anda tidak memerlukan bantuan cahaya lampu. Tetapi pastikan jika saat itu cuacanya sedang bagus.

Libatkan teman dalam kegiatan dokumentasi

Bila Anda menggunakan jasa seorang fotografer pada acara pertunangan, setidaknya Anda akan mengeluarkan budget sekitar Rp 3.000.0000 dan itu adalah tarif untuk beberapa jam saja. Apabila sehari full, tentu akan berbeda dan tentunya menjadi mahal.

Nah, karena Anda ingin menekan budget. Tidak ada salah meminta tolong kepada teman, saudara, tetangga atau orang terdekat lainnya yang memiliki kemampuan fotografi bagus. Tetapi, jangan berpikir bila menggunakan jasa mereka Anda tidak bayar, tetap harus Anda bayar sesuai nominal yang disepakati.

Lagipula, siapa tahu setelah acara pertunangan Anda. Teman, saudara atau tetangga Anda tersebut malah. Bisa mendapatkan pekerjaan sebagai fotografer, karena hasil jepretannya yang bagus dan tidak kalah dengan fotografer profesional.

Belilah cincin serta wadah yang simple

Karena masih di tahap lamaran, tidak mengapa memilih cincin dan kotak yang sederhana. Misalnya cincin emas putih polos atau memiliki satu permata kecil di bagian atasnya. Tentunya cincin sederhana tetapi syarat makna akan lebih memberikan memori indah.

Begitu pula dengan kotaknya, gunakanlah yang sederhana saja namun tetap memiliki tampilan atau warna menarik. Misalnya kotak tersebut terbuat dari kayu atau kaca. Rasanya untuk sebuah acara lamaran, tidak perlu terlalu mewah.

Sesuaikan konsumsi dengan tamu

Untuk konsumsi, berarti Anda harus tahu terlebih dahulu jumlah dari tamu yang akan diundang. Untuk acara pertunangan tidaklah harus mengundang ratusan orang. Biasanya hanya keluarga dari kedua belah pihak beserta beberapa sahabat.

Jika Anda sudah mengetahui jumlahnya, maka dapat menentukan seberapa banyak makanan yang akan dipesan. Misalnya bila undangan yang disebar sebanyak 40 lembar, maka setidaknya Anda menyiapkan untuk 80 orang atau sedikit lebih banyak.

Makeup sendiri

Hal yang satu ini dapat dilakukan apabila memang Anda ahli dalam berdandan. Tentunya jika bisa makeup sendiri, budget untuk jasa MUA dapat Anda simpan sebagai tambahan ketika akan menikah atau bila ada orang terdekat Anda yang ahli pada bidang makeup, mintalah dia untuk mendandani Anda.

Tidak menggunakan jasa EO

Untuk acara pertunangan atau lamaran, rasanya tidak perlu menggunakan jasa EO. Karena kegiatan ini hanyalah sebuah acara kecil pertemuan dua keluarga dan masih bisa untuk di handle sendiri bersama dengan kerabat.

Rencanakan Acara Lamaran Dari Jauh  Hari

Seberapa besar atau kecilnya biaya untuk acara lamaran, semua tergantung bagaimana Anda merencanakan mengenai konsep yang akan digunakan. Karena semakin sederhana maka akan semakin murah, jadi tidak perlu takut bila kantong menjadi jebol.

Agar lebih aman serta matang, ada baiknya Anda merencanakan acara tersebut sejak lama. Misalnya acara lamaran adalah bulan Maret, maka rancanglah konsepnya sejak pertengahan Januari. Karena dengan begitu Anda bisa tahu mana yang kurang cocok sehingga masih bisa dibenahi sebelum hari H.