Tips Membantu Anak Fokus saat Sekolah Online

sekolah online

Aktivitas sekolah online tidak menjamin anak akan belajar tanpa adanya gangguan. Pasti ada hal-hal yang dapat mengganggu aktivitas belajar anak Anda. Salah satunya adalah masalah konsentrasi anak. Pada dasarnya, aktivitas belajar di sekolah juga tidak selalu membantu anak-anak belajar dengan baik. Dia mungkin bercanda dengan teman-temannya atau melakukan hal-hal lain untuk mengalihkan perhatiannya pada proses pembelajaran. 

Apalagi jika bersekolah sendirian di rumah. Kita tahu bahwa, tidak seperti sekolah, ada  banyak hal di rumah yang mengalihkan perhatian anak-anak. Selain itu, tidak ada guru yang memperhatikan fokus pada kegiatan pembelajaran. Jika ini adalah masalah yang kamu hadapi sekarang, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Temukan tips untuk membantu anak Anda fokus di sekolah bahkan saat mereka di rumah berikut ini. 

Kerjakan semua tugas di satu waktu 

Anak-anak mungkin mempunyai kemampuan multitasking yang baik membuat mereka bisa melakukan kegiatan yang berbeda pada saat yang bersamaan. Namun, benar juga mengganggu konsentrasi dan menurunkan performa anak menyebabkan anak kehilangan konsentrasi. 

Ini adalah pilihan yang tepat  untuk melakukan satu hal pada satu waktu. Mengapa? Bekerja sendiri menjadikan anak lebih fokus. Ini juga memiliki efek menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Apabila anak Anda mendapatkan banyak tugas, buatlah daftarnya satu per satu. Kemudian dia bisa melanjutkan ke tugas berikutnya.

Pastikan lingkungan mendukung 

​​Jika kondisi lingkungan tidak mendukung, anak mungkin tidak dapat berkonsentrasi. Apalagi sekarang dia belajar di rumah. Keadaan lingkungan rumah tidak sama seperti lingkungan sekolah yang memang dirancang untuk mendukung konsentrasi anak selama belajar. 

Tetapi, Ini juga bisa dilakukan di rumah. Membantu lingkungan keluarga mendukung pendidikan sekolah anak. Sesuaikan situasi dengan kebutuhan dan kebiasaan anak Anda. Ada sebagian anak yang terbiasa belajar di keadaan yang bising. Juga, beberapa anak terbiasa belajar diam-diam. Situasi lingkungan yang mendukung bisa membantu anak fokus pada pelajarannya. 

Buat target 

Buatlah target saat anak Anda sedang mengerjakan tugas rumah atau sedang belajar. Mulailah dengan sesuatu yang mudah misalnya mengatur waktu belajar anak. Biarkan anak Anda untuk fokus pada pekerjaan pada waktu yang ditentukan. Tidak perlu terlalu lama. Itu dimulai dalam waktu sekitar 10 sampai 15 menit dan kemudian istirahat atau berhenti ketika selesai. 

Ketika anak Anda mencapai target, mulailah menambahkan sekitar 5 menit waktu. Perlahan-lahan anak akan mempertajam fokus nya dan membuat mereka bekerja sesuai dengan target yang sudah dibuat oleh Anda. Selain itu, Anda juga bisa membantu anak-anak mereka membuat target untuk tugasnya. Misalnya, menentukan tugas apa yang akan dia lakukan hari itu.

Ajarkan anak menghadapi distraksi 

Sangat sulit untuk menghilangkan gangguan saat anak belajar. Pasti ada hal-hal yang mengalihkan konsentrasi nya sehingga menurunkan produktivitas.  Hal yang sama terjadi kepada anak Anda. Ia tidak bisa menyingkirkan gangguan sama sekali, tetapi dia mampu menanganinya. Anda bisa membantu nya untuk menemukan solusi. 

Dengan begitu mereka bisa fokus lebih baik dan tidak akan terdistraksi lagi. Menemukan gangguan menjadi cara terbaik untuk menghindarinya. Cara lain untuk mengalihkan perhatian saat belajar adalah dengan menjauhkan hal-hal yang dapat mengganggu aktivitas si kecil. 

Misalnya, singkirkan mainan dan perangkat yang tidak digunakan saat belajar. Juga, bagi orang tua yang terkadang meminta bantuan kepada anaknya, sebaiknya  tidak jangan lakukan hal tersebut saat anaknya berada di sekolah online. Hal ini dapat mengganggu perhatian anak.

Berikan waktu istirahat 

Fokus belajar untuk waktu yang lama bisa sangat melelahkan bagi anak-anak. Anak yang sudah lelah tidak bisa dipaksa untuk belajar sepanjang waktu karena kehilangan konsentrasi. Tak ada salahnya memberikannya waktu untuk istirahat. Sekitar 5 hingga 10 menit sudah cukup untuk menyegarkan pikiran. Semoga mereka siap untuk fokus belajar lagi. 

Apabila tidak punya waktu untuk istirahat (misalnya, jika ia memiliki banyak pekerjaan atau janji), anak Anda bisa mengambil minum, napas dalam-dalam, atau pergi ke kamar mandi untuk membasuh muka. Ini membantu mereka menyegarkan dan kembali.

Berikan asupan makanan yang bagus 

Membantu anak-anak dan memantau mereka untuk tetap fokus tidaklah cukup. Bantu anak Anda fokus belajar  dengan memberi mereka makanan yang bagus untuk otak. Pilih makanan yang membantu kerja otak nya. Berdasarkan healthline.com, ada sejumlah makanan yang mempunyai efek positif pada otak. Makanan ini termasuk brokoli, jeruk, blueberry, ikan dan teh hijau. 

Beri dukungan kepada anak 

Hal lain yang perlu diperhatikan anak-anak adalah memberi dukungan kepada nya. Dengan cara ini, orang tua dapat membantu anak-anak. Anda bisa mendukungnya dengan tindakan positif sehingga dapat meningkatkan fokusnya, masukan saat sedang obrolan santai. Jangan lupa untuk memberikannya pujian setelah selesai mengerjakan tugasnya dengan baik. 

Demikianlah tips supaya anak bisa fokus belajar di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya. Selamat mencoba!