Tips Membeli Emas untuk Investasi Masa Depan

Masa depan yang terjamin adalah tanggung jawab setiap orang untuk terus mengupayakan nya. Banyak cara agar nantinya di kemudian hari kamu merasakan sebuah kemudahan dari apa yang dilakukan saat ini. Salah satu upaya agar terwujudnya hal itu adalah dengan berinvestasi. Dengan investasi kamu bisa menyiapkan masa depan yang lebih terjamin dan aman. 

Berbicara mengenai investasi, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengannya. Karena saat ini masyarakat sudah mulai melihat berbagai keuntungan dari sebuah investasi. Baik investasi uang, barang atau yang lainnya. Salah satunya yang banyak digunakan seseorang untuk berinvestasi adalah emas. Barang berharga ini memiliki peluang yang besar untuk dapat dijadikan investasi 

Tetapi meskipun emas sudah terkenal sebagai barang yang bisa digunakan untuk investasi, masih banyak orang yang mengalami kerugian saat berinvestasi emas. Salah satu alasannya adalah karena mereka tidak benar saat membeli emas tersebut. Maka dari itu, tulisan ini akan membagikan tips membeli emas untuk investasi masa depan kamu. 

1. Siapkan Uang Untuk Membeli Emas Sesuai Kemampuan

Hal paling pertama yang harus kamu perhatikan dalam membeli emas apalagi untuk tujuan investasi adalah uang. Jangan sampai kamu sudah menetapkan ingin membeli emas seperti apa, tetapi belum memiliki uang untuk membelinya. Ini sangat bahaya loh, bisa jadi kamu malah memaksakan diri dengan cara berhutang untuk membeli emas tersebut. 

Kamu haru tahu, bahwa emas yang akan kamu beli tujuannya adalah untuk investasi masa depan. Jika kamu memutuskan untuk berhutang agar bisa membeli emas tersebut, maka akan sia-sia saja karena kedepannya kamu harus membayar cicilan emas tersebut dan akan semakin membebani. Lebih baik siapkan uang terlebih dulu, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

2. Beli Emas Saat Harganya Sedang Turun

Tips kedua yang harus kamu lakukan sebelum membeli emas adalah bahwa pastikan kamu membeli emas saat harga emas sedang turun. Dengan begitu, nantinya keuntungan yang kamu dapat saat menjualnya akan lebih besar dari saat kamu membeli emas tersebut. Tapi pastikan juga bahwa saat kamu menjualnya, harga emas sedang naik. 

Tips ini sudah menjadi cara yang paling baik jika memang kamu ingin berinvestasi emas. Karena jika kamu membeli emas saat harganya sedang naik akan kecil kemungkinan ketemu dengan waktu yang pas untuk menjualnya lebih mahal lagi dari harga sebelumnya karena sudah mahal dari awal. 

3. Pastikan Tempat Membeli Emas Terjamin

Membeli emas bukan lah hal yang main-main loh, emas adalah salah satu barang berharga kekayaan bumi yang memiliki nilai. Sehingga jual beli emas ini tidak akan sembarangan. Pastikan saat kamu membeli emas untuk investasi, tempat kamu membeli emas adalah toko emas yang sudah terjamin menjual emas murni. 

Hal ini harus selalu kamu terapkan, karena masih banyak orang yang dengan mudah menjual perhiasan emas palsu di tempat-tempat yang tidak resmi. Dan banyak pula korban yang terkena penipuan perhiasan emas tidak tahu harus protes kemana. Nah kamu gak mau kan, barang yang akan kamu jadikan upaya investasi malah barang palsu yang tidak memiliki nilai. 

4. Jika Membeli Emas Melalui Online, Pilih yang Sudah Legal OJK

Selain tempat emas berupa toko yang sering kamu temui di mall atau di pasar, kamu juga bisa membeli perhiasan emas secara online loh. Yaitu tempat toko emas yang menyediakan jasa transaksi online mulai dari promosi, tanya jawab, pengiriman sampai pembayaran melalui emas. Penjualan emas melalui online ini sebenarnya tidak apa-apa. 

Jika kamu ragu dengan membeli emas melalui online, kamu bisa membeli emas di toko online yang sudah memiliki legalitas dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Misalnya di sebuah e-commerce resmi. Jangan sampai kamu membeli emas secara online dengan sembarangan yang tidak jelas pengawasan nya. 

5. Perhatikan Dengan Detail Kondisi Emas

Saat kamu memilih emas mana yang akan benar kamu beli, kamu harus bisa pastikan bahwa kondisi emas tersebut dalam kondisi yang baik. Tidak kekurangan satu apapun, tidak cacat dan tanyakan apakah walaupun ada yang kurang berpengaruh pada harga emas saat  dijual kemudian hari atau tidak. 

Kamu memang harus melakukan pengecekan sedetail itu, karena bagaimanapun harga emas itu tidak murah meskipun hanya beberapa gram saja. Kamu tidak inginkan jika ternyata barang berharga yang nantinya kamu jadikan barang investasi malah jatuh harganya karena kondisi emas yang tidak baik. Kemurnian emas juga harus benar-benar kamu cek dengan alat yang sesuai. 

Membeli emas untuk investasi ternyata ada tips nya ya, tidak boleh sembarangan membeli karena akan berakibat kerugian yang lumayan besar jika salah membelinya. Bukan hanya untuk investasi, tips ini juga sangat bermanfaat untuk kamu yang memang ingin membeli emas, agar tidak mudah tertipu. Siapa tahu suatu saat kamu berniat menjadikan perhiasan sebagai investasi.