Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Menghabiskan Tabungan

Tidak semua orang mampu membeli mobil baru meskipun sudah konsisten menabung. Karena kebutuhan dan kemampuan finansial setiap orang berbeda-beda, apalagi harga mobil baru tidaklah murah. Kamu harus menyiapkan dana minimal 150 juta untuk bisa mendapatkan mobil baru. Butuh waktu yang lama untuk bisa mencapai target tersebut, terutama jika gaji bulanan pas-pasan.

Nah solusi alternatif agar tetap bisa memiliki mobil dengan harga yang relatif murah yakni membeli mobil bekas. Akan tetapi, nyatanya membeli mobil bekas tak semudah yang dibayangkan karena kamu harus memperhatikan banyak hal detail.

Jangan sampai kamu tertipu dan rugi besar hanya karena salah pilih mobil bekas. Alih-alih ingin mendapatkan harga murah, kamu malah membawa pulang mobil bekas yang bermasalah.

Akhirnya kamu harus mengorbankan tabungan lagi untuk melakukan berbagai perbaikan dan melengkapi kekurangan yang terdapat pada mobil bekas. Tabungan pasti akan ludes seketika padahal masih harus digunakan untuk keperluan yang lainnya.

Nah agar tidak sampai menghabiskan tabungan, sebaiknya simak tips berikut sebelum kamu membeli mobil bekas.

Tentukan Budget Sebelum Membeli Mobil Bekas

Sebelum membeli mobil bekas, tentukan terlebih dahulu budget yang siap kamu keluarkan. Namun sebaiknya jangan anggarkan seluruh tabungan yang kamu miliki. Ada baiknya kamu sisakan sekitar 15% sampai 20% dari total tabungan. Sehingga kamu masih punya pegangan jika sewaktu-waktu membutuhkan uang untuk keperluan yang lain.

Sisa tabungan bisa kamu simpan untuk berjaga-jaga jika kondisi mobil tidak bagus. Karena yang namanya bekas pasti tidak akan sempurna. Sehingga wajar jika memang membutuhkan penggantian komponen maupun beberapa perawatan tambahan, yang terpenting tidak sampai parah.

Ketahui Apa yang Kamu Butuhkan

Setelah kamu sudah tentukan berapa budget yang akan dikeluarkan untuk membeli mobil bekas, selanjutnya ketahui dulu jenis mobil apa yang sedang dibutuhkan.

Apakah mobil akan digunakan untuk mendukung mobilitas kamu setiap harinya ? Atau mungkin ingin membeli mobil yang bisa mengangkut semua anggota keluarga ? Hal ini harus benar-benar dipertimbangkan dengan matang agar kamu bisa mendapatkan mobil yang sesuai kebutuhan.

Oleh karena itu, usahakan untuk mengenali dengan baik apa yang kamu butuhkan sebelum menentukan pilihan. Sehingga kamu tidak mudah terpengaruh dengan sales atau pihak lain.

Buatlah Daftar Mobil Bekas yang Masuk Budget

Ketika kamu sudah menentukan budget untuk membeli mobil bekas dan tahu jenis mobil apa yang dibutuhkan maka saatnya mencari mobil yang sesuai kriteria. Kamu bisa lakukan survey harga melalui situs jual beli online atau langsung datang ke sejumlah dealer yang menawarkan mobil bekas.

Buatlah daftar mobil yang masuk kriteria terutama sesuai budget. Sehingga kamu bisa lebih mudah untuk menentukan mobil bekas mana yang akan dipilih. Karena harga mobil bekas tentunya akan sangat bervariasi, bisa saja mobil dengan merk dan tahun yang sama memiliki harga yang berbeda. Hal ini disebabkan karena harga yang ditetapkan tergantung dari kondisi masing-masing mobil.

Teliti Sebelum Membeli

Usahakan untuk mencari mobil bekas yang dijual di daerah dekat dengan tempat tinggalmu. Meskipun kamu mencarinya melalui internet, kamu bisa gunakan filter untuk mendapatkan informasi mobil bekas yang dekat dari lokasimu.

Ini penting dilakukan agar kamu bisa datang langsung untuk melihat kondisi mobil bekas yang kamu incar. Kamu harus benar-benar teliti sebelum membeli mobil bekas, jangan sampai pengeluaran justru membengkak hanya karena salah pilih. Lakukan pengecekan langsung untuk mengetahui kondisi body mobil, mesin, dan lain-lain.

Jika kamu tidak begitu paham tentang mesin, kamu bisa mengajak orang yang mengerti mesin ketika mengecek kondisi mobil secara langsung. Dengan begitu kamu bisa meminimalisir kemungkinan tertipu.

Periksa Kelengkapan Berkas Kendaraan

Ketika membeli mobil bekas kamu juga perlu mengecek kelengkapan berkasnya. Sejumlah berkas yang harus dipastikan sebelum transaksi yaitu STNK, BPKB, pajak kendaraan, hingga asuransi.

Pastikan berkas-berkas tersebut sudah ada. Jika belum lengkap maka urungkan niat kamu untuk membeli mobil bekas tersebut karena pengurusan berkasnya cukup rumit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tabungan bisa jadi akan habis terkuras untuk mengurus berkas kendaraan yang belum lengkap.

Lakukan Test Drive

Jangan pernah mengabaikan test drive ketika kamu membeli mobil baru maupun bekas. Test drive adalah cara yang paling tepat agar kamu bisa semakin tahu layak atau tidaknya mobil tersebut.

Kamu akan merasakan langsung bagaimana duduk di kursi pengemudi maupun penumpang, masih nyaman atau tidak. Kamu juga bisa langsung tahu kondisi AC-nya dan komponen-komponen penting lainnya.

Itulah 6 tips membeli mobil bekas yang bisa kamu coba agar tabungan tidak habis begitu saja. Semoga dengan menerapkan tips di atas kamu bisa mendapatkan mobil bekas terbaik dan memuaskan, ya !