Tips Memilih Harga Mobil Bekas di Bawah Rp100 Jutaan

memilih mobil bekas

Bukanlah menjadi sebuah halangan ketika kita ingin membeli sebuah mobil sebagai kendaraan pribadi kita atau keluarga tapi budget yang kita miliki minim. Cara yang pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan kredit. Kredit bisa membantu kita untuk membeli mobil yang kita inginkan dengan cara mengangsur. Namun bila kita tidak ingin terbeban dengan hutang angsuran yang harus kita bayar rutin setiap bulannya, kita bisa memilih cara lain dengan cara membeli mobil bekas.

Banyak sekali penawaran di pasar mobil bekas yang menawarkan mobil dengan harga yang lebih terjangkau, hanya saja kebanyakan mobil dengan harga murah umurnya sudah cukup tua dan kita harus berpikir lagi bila akan membelinya karena harus memikirkan beban biaya perawatannya. Tapi jangan salah, ada juga beberapa varian mobil dengan umur yang masih muda dengan harga yang cukup terjangkau dan bisa dipertimbangkan untuk dibeli.  

Banyak pilihan mobil bekas di pasaran dengan bandrol dibawah 100 juta. Kita bisa memilih dari yang  model LCGC, MPV sampai yang SUV. Namun yang harus diingat adalah kendaraan yang dijual adalah mobil bekas walaupun umur kendaraan masih muda. Jadi jangan langsung tergiur melihat harganya tapi harus diperiksa dengan cermat semua kondisi dari kendaraan tersebut.

Daftar Mobil Bekas di Bawah 100 Jutaan 

Ada beberapa varian mobil bekas dengan tahun muda yang beredar dipasaran. Mobil-mobil tersebut antara lain adalah:

1. Daihatsu Ayla

Muncul sebagai mobil murah ramah lingkungan (LCGC) dan jadi salah satu pesaing pasar untuk Honda brio ini mempunyai harga di kisaran 75 jutaan di pasar mobil bekas.

2. Honda jazz

Mobil favorit anak muda di jamannya dan hadir dalam beberapa varian. Mobil ini di pasar mobil bekas berada di kisaran harga 90 jutaan.

3. Toyota avanza

Salah satu mobil sejuta umat ini adalah salah satu mobil keluarga yang ternyaman. Mobil ini masih cukup diminati karena irit bahan bakar dan cukup bertenaga. Kisaran harga untuk pasar mobil bekas dari Toyota avanza adalah 80 jutaan.

4. Wuling Confero

Hadir sebagai salah satu pesaing dari avanza dan xenia ini dibuat oleh pabrikan mobil asal china. Mobil ini di pasar mobil bekas pun juga cukup bersaing dengan avanza dengan bandrol di kisaran 80 jutaan.

5. Daihatsu Terios 

Mobil bekas dari kelas SUV ini hadir atas kerjasama antara Daihatsu dan Toyota. Mobil berkapasitas 7 penumpang ini di pasar mobil bekas dibandrol dengan harga kisaran 90 jutaan.

TIps Memilih Mobil Bekas di Bawah 100 Jutaan 

Walaupun banyak yang menawarkan mobil bekas dengan harga yang sangat menggiurkan, kita harus tetap teliti memperhatikan kondisi kendaraan yang akan kita beli. Jangan sampai kita malah harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya perbaikan dan perawatan dari mobil yang kita beli hanya karena kita tergiur harga yang sangat murah di awal. Untuk menghindari hal-hal tersebut, beberapa tips berikut bisa dilakukan untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas baik. 

1. Jadilah calon pembeli yang bawel

Untuk mendapatkan mobil bekas yang baik, kita jangan sungkan untuk banyak bertanya tentang kondisi mobil tersebut. Pertanyakan semua kondisi dan kelengkapannya dan jangan lupa untuk mencari alternatif sebagai pembanding. 

2. Memastikan semua dokumen lengkap

Karena yang akan kita beli adalah mobil resmi, kita harus memastikan semua dokumen kendaraan tersebut lengkap. Cek juga angka nomor seri kendaraannya. Nomor rangka dan nomor mesinnya harus sesuai dengan dokumen yang ada.

3. Ajak orang yang lebih paham untuk memeriksa kondisi mesin dan kendaraan

Ada baiknya kita mengajak teman atau bahkan mekanik yang lebih berpengalaman dengan mobil untuk membantu kita dalam mengecek kondisi kendaraan yang akan kita beli. Dimulai dari cek kondisi mesin, bodi dan juga kelistrikannya. Hal ini bertujuan agar kita benar-benar tau kondisi kendaraan yang akan kita beli dan seandainya kita jadi membeli mobil itu dan kita perlu memperbaikinya, kita bisa memperkirakan biaya yang harus keluar untuk itu.

4. Test drive

Kita tidak akan tahu kondisi mesin hanya dengan melihat dan mendengarkan suaranya saja. Hal terbaik yang harus dilakukan untuk mengetahui kondisinya adalah dengan test drive supaya kita tahu kondisi mobil serta kenyamanan berkendara. Dari situ kita jadi bisa tau kondisi bagian kemudi, kopling, persneling, pengereman hingga pada kondisi kaki-kakinya.

5. Tanyakan tentang perawatan rutinnya

Ketika membeli mobil bekas, jangan hanya terpaku pada jarak tempuh dan performa saat itu saja, tapi perlu juga ditanyakan tentang perawatan rutin dari kendaraan tersebut. Kenapa demikian? Karena semakin bagus perawatan dari si pemilik mobil, kondisi mobil itu pasti semakin bagus.

6. Perhatikan juga interior dan eksteriornya

Jangan hanya berfokus pada mesin. Periksa juga interior dan eksteriornya apakah sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh penjual agar kita tidak merasa rugi ketika sudah membeli dan ternyata tidak sesuai dengan harapan.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dengan budget dibawah 100 juta.