Tips Memilih Perumahan KPR untuk Keluarga Muda

tips memilih rumah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Namun karena harganya yang semakin mahal, membuat sebagian masyarakat kita sulit untuk memilikinya. Kebutuhan ini tentu akan semakin meningkat dari waktu ke waktu, lihat saja angka pertambahan jumlah penduduk yang semakin banyak. Kaum milenial bahkan dianggap tak mampu membelinya karena pendapatan mereka yang tak sebanding dengan harga rumah, belum lagi harus memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Untungnya saat ini ada program kredit pemilikan rumah (KPR) yang dapat membantu menyelesaikan persoalan tersebut. Program KPR menjadi harapan bagi keluarga muda untuk membeli rumah sejak dini. Kini keinginan Anda untuk mendapatkan rumah impian bukanlah hal yang mustahil. Maka dari itu, jangan sampai asal dalam memilih perumahan KPR. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, berikut diantaranya.

Menemukan Developer Terpercaya

Kalau berencana memperoleh rumah KPR melalui jasa developer, maka Anda harus memastikan bahwa pihak tersebut bisa dipercaya. Silahkan cari tahu latar belakang developer, apakah jelas, berbadan hukum dan punya reputasi baik. Sudah bukan rahasia umum kalau pekerjaan tersebut banyak dimanfaatkan oknum-oknum nakal untuk melancarkan aksi penipuan.

Guna mencegah hal-hal yang merugikan diri sendiri, mau tak mau Anda harus mengecek terlebih dahulu riwayat dari developer KPR yang bersangkutan. Anda bisa meminta saran dari orang lain yang pernah menggunakan jasanya.

Memastikan Sistem Pembayaran Sesuai dengan Kesepakatan

Sistem pembayaran dalam pembelian rumah terdiri dari beberapa pilihan. Anda bisa membelinya secara lunas di awal atau mengajukan kredit pemilikan rumah dari bank penyalur. Untuk sistem pembayaran kredit cukup memakan waktu, prosesnya juga tidak sederhana sehingga Anda harus mengajukannya jauh-jauh hari.

Mempertimbangkan Harga yang Ditawarkan

Ketika pemilik rumah atau developer sudah menawarkan harga, sebaiknya tidak langsung diterima. Pertimbangkan harga yang ditawarkan dengan memperhatikan faktor-faktor penting lainnya. Anda juga dapat melakukan perbandingan harga agen properti lain sebagai dasar pertimbangan, kemudian nilai harga rumah KPR mana yang cocok dengan dana yang dimiliki.

Mencari Lokasi Rumah yang Strategis

Jika rutinitas harian Anda bekerja di kantor, silahkan cari lokasi rumah yang strategis dan dekat dengan jalan raya. Pastikan bahwa akses kendaraan pun mudah, begitu juga dengan ketersediaan transportasi umum. Rumah yang strategis memudahkan mobilitas Anda, sehingga waktu bisa lebih efisien.

Menyesuaikan Kebutuhan dengan Modal

Fungsi rumah pada dasarnya adalah sebagai tempat berlindung. Oleh karena itu, Anda dapat memilih rumah yang dinilai nyaman dan dapat memenuhi kebutuhan. Tapi jangan lupa menyesuaikan modal yang dimiliki. Anda bisa mencari rumah dengan subsidi harga terjangkau kalau modal tidak begitu besar. Yang terpenting adalah memperhatikan reputasi pihak pengembang dan memastikan legalitas tanahnya.

Mempertimbangkan Besar Down Payment (DP)

Hal utama yang harus dipertimbangkan ketika memilih sistem kredit bayar rumah adalah besar uang muka. Dalam tips membeli rumah baru secara KPR, Anda harus memastikan kemampuan membayar sisa angsuran setelah menyepakati pembayaran DP.

Memperhatikan Lingkungan dan Fasilitas di Sekitar

Selain lokasi dan uang muka, Anda juga harus memeriksa keadaan lingkungan sekitar. Kalau ingin tinggal dengan nyaman dan aman, maka lingkungan bersih boleh menjadi pertimbangan utama.  Hindari memilih rumah dengan lingkungan yang tidak terjaga. Anda pun harus memastikan bahwa akses jalannya mudah dan dekat fasilitas umum seperti sekolah, pasar, dan sebagainya.

Menghindari Rumah Di Daerah Rawan Bencana

Sebagai pembeli, Anda harus paham bagaimana geografi daerah rumah tersebut. Ini merupakan tips memilih perumahan KPR selanjutnya yang perlu diperhatikan. Sebisa mungkin hindari kawasan rumah di daerah rawan bencana seperti banjir. Harga yang ditawarkan memang lebih murah, tapi jangan langsung tergiur. Silahkan pertimbangkan dengan matang tentang dampaknya bersama pasangan.

Menjadikan Rumah Sebagai Investasi Jangka Panjang

Nilai properti di Indonesia yang selalu mengalami kenaikan menjadikannya sebagai instrumen investasi paling digemari masyarakat. Ibarat menyelam sambil minum air, Anda dapat memiliki hunian sekaligus melakukan investasi jangka panjang. Akan lebih baik kalau rumah yang dipilih mempunyai prospek bagus di masa mendatang.

Menyisakan Dana untuk Membeli Perabotan

Jangan lupa membeli perabotan rumah kalau Anda ingin menikmati suasana yang nyaman disana. Hal ini tidak kalah penting, mana mungkin Anda tinggal di rumah baru namun dalamnya masih kosong melompong. Jangan jadikan keterbatasan dana sebagai alasan. Sisakan anggaran membeli rumah KPR untuk membeli perabotan. Minimal harus memenuhi kebutuhan pokok untuk kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Yang lain bisa dicicil secara bertahap.

Memikirkan dengan jernih Sebelum Membeli

Jangan terburu-buru memutuskan. Anda harus berpikir jernih dan mempertimbangkannya secara matang. Mengingat bahwa harga rumah yang sangat besar, tentu membuat kita tak bisa sembarangan.

Demikian beberapa tips memilih perumahan KPR, Silahkan diikuti dan libatkan anggota keluarga tercinta dalam mengambil keputusan.