Tips Memodifikasi Mobil Bagi Pemula

modifikasi mobil

Tidak hanya model rambut yang membuat Anda semakin terlihat keren, namun mobil yang Anda miliki. Apabila budget yang dimiliki terbatas, Anda dapat modifikasi mobil agar terlihat semakin bagus tanpa mengeluarkan biaya berlebih.

Membeli mobil bekas lebih murah dibandingkan yang baru. Untuk pengajuan kredit serta administrasinya harus diurus secepat mungkin. Ketika akan dijual pun, nilainya pasti turun. Namun, bila penampilannya memang ketinggalan zaman dan performanya juga sudah tidak bagus, maka sudah waktunya untuk dimodifikasi.

Memilih mobil bekas yang sesuai

Sebelum melakukan modifikasi, tentunya Anda harus memiliki lebih dahulu mobil yang nantinya akan dimodifikasi, apabila memang belum ada mobilnya. Tidak hanya budget yang harus dipertimbangkan, namun juga tujuan penggunaan dari kendaraan. Apakah akan digunakan untuk touring, balapan, sehari-hari atau usaha.

Kebanyakan orang lebih memilih untuk memodifikasi sedan model lama, biasanya mereka lebih suka sedan keluaran 90-an. Namun, pastikan bila mesin dalam keadaan baik, jadi Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu banyak untuk melakukan reparasi.

Tips modifikasi mobil bagi pemula

Berikut ini adalah beberapa tips memodifikasi mobil bagi Anda yang masih pemula:

  • Tentukan konsep atau temanya

Tentukan terlebih dahulu konsep atau tema yang ingin diterapkan pada mobil sebelum dimodifikasi. Hal ini sangat penting supaya nantinya tidak tema yang nyambung dan bertubrukan. Banyak sekali konsep yang bisa Anda pilih. Misalnya, sporty, racing, retro, gothic, modern, cute dan juga elegan.

Konsep tersebut dapat diterapkan untuk interior dan eksterior, apabila Anda menyukai desain dengan tema racing. Anda bisa memberikan aksen garis serta angka pada bagian luar, seperti pada mobil-mobil balap pada umumnya.

Anda dapat mencari inspirasi untuk desain mobil dengan menonton film, dari games atau majalah-majalah sport. Bisa juga dengan Anda datang ke acara pameran, karena disana pasti akan banyak model dari brand terkenal.

  • Perkirakan Bengkel dan biayanya

Buatlah perhitungan mengenai biaya yang mungkin akan Anda keluarkan. Hal ini berguna agar Anda tahu seberapa banyak uang yang harus digunakan, hubungi teman, keluarga serta bengkel untuk menanyakan perkiraan harga dari spearpart yang dibutuhkan. Bila budget Anda belum cukup, bisa melakukan modifikasi secara bertahap.

cara memodifikasi mobil

Selain itu carilah bengkel yang bisa memenuhi keinginan Anda dalam hal mendesain mobil. Bila sudah menemukan bengkelnya, konsultasikan kepada mereka tentang tema modifikasi kendaraan Anda. Tanyakan apakah bisa membuat konsep tersebut. Apabila bisa, Anda dapat menanyakan perkiraan harganya.

  • Buat daftar komponen

Tidak hanya menyiapkan daftar untuk biaya, Anda juga membuat catatan tentang komponen apa saja yang dibutuhkan. Karena bisa saja ada beberapa barang yang tidak bisa ditemukan di Kota Anda dan harus memesan atau beli dari luar kota, bahkan bisa saja harus pesan ke luar negeri.

Perlu diingat bila memesan komponen diluar kota atau luar negeri memerlukan biaya lebih besar dan hal tersebut sudah pasti akan membuat pengeluaran Anda membesar. Karenanya, utamakan untuk menggunakan spearpart yang lebih mudah ditemukan serta sesuai dengan perhitungan diawal.

  • Mesin

Apabila persiapan yang sebelumnya sudah valid, Anda dapat memulai untuk melalukan modifikasi. Mulailah dari mesin terlebih dahulu, kenapa harus mesin? Karena itu adalah inti dari mobil, apalagi bila mobil yang digunakan adalah bekas, tentu mesin tersebut performanya sudah berkurang.

Bagi pemula, pilihlah langkah sederhana. Seperti mengganti koil atau busi agar pengapiannya menjadi lebih baik. Anda juga dapat melapisi mesin menggunakan krom (karbon) supaya lebih mengkilap, dengan catatan Anda harus rajin untuk membersihkan krom, karena jika tidak dibersihkan kemungkinan besar karbon akan mudah berkarat.

  • Velg

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan pelek (velg) yang akan digunakan, pastikan jika velg tersebut sesuai dengan tema. Ada baiknya untuk memilih warna netral, misal krem, putih atau hitam. Sebaiknya Anda menghindari warna-warna mencolok, jangan sampai bertabrakan dengan konsep agar tidak menimbulkan kesan norak. Sesuaikan pula ukuran dari pelek dan seberapa offset yang harus diperhatikan.

Sebenarnya langkah penggantian ban serta velg dengan ukuran besar dapat membuat handling menjadi lebih baik dan Anda juga bisa nyaman ketika melakukan manuver, karena jarak antar ban serta aspal akan semakin luas.

Namun, efek yang didapatkan adalah daya redam ketika melewati jalan bergelombang atau rusak akan berkurang. Lalu, jika Anda ingin kabin menjadi tidak berisik, ada baiknya menambahkan peredam. Untuk penggunaan pelek, akan lebih baik bila dinaikan 2 inci. Melakukan pelebaran ban sebanyak 10 hingga 20 mm masih dianggap wajar.

Itulah tadi tips modifikasi kendaraan bagi Anda yang menyukai mobil. Jangan pernah lupa untuk melakukan survei atau reset terlebih dahulu dan berkonsultasilah pada orang-orang yang memang memiliki keahlian di bidang otomotif.

Pastikan untuk jangan modifikasi mobil secara berlebihan ataupun memilih desain yang berbahaya, agar nantinya tidak menimbulkan hal-hal buruk. Semoga dengan adanya informasi ini, mobil Anda bisa dimodifikasi dengan baik dan lebih nyaman untuk dikendarai.