Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak hingga S1

Setiap orang tua tentu sangat ingin anaknya memperoleh pendidikan terbaik agar bisa menjadi pegangan untuk dia di masa depan. Anda harus mengetahui tips mempersiapkan dana pendidikan untuk anak sampai setidaknya mendapatkan gelar S1.

Biaya pendidikan di Indonesia tergolong mahal, apalagi bayaran sekolah selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Pada ulasan kali ini akan dibeberkan terkait tips mempersiapkan dana untuk pendidikan anak sesuai kebutuhannya,

1.       Memahami Biaya Sekolah Selalu Mengalami Kenaikan Tiap Tahun

Anda harus memperkirakan bayaran sekolah dapat naik setiap tahunnya.  Lewat informasi yang beredar, biaya pendidikan untuk anak akan naik mulai 10 sampai 15 persen khususnya di Indonesia. Lewat informasi tersebut, Anda dapat membuat dana perkiraan agar bisa memenuhi segala kebutuhan pendidikan yang diperlukan.

Maka dari itu, disarankan untuk mempersiapkan dana pendidikan mulai dari jauh-jauh hari. Apabila Anda mempersiapkannya secara mendadak, tentu akan membuat semuanya menjadi terburu-buru dan akan terasa sangat berat. Perencanaan dadan pendidikan untuk anak dapat Anda siapkan untuk 10 sampai 20 tahun kedepan sampai setidaknya meraih S1.

2.       Riset Biaya Sekolahan yang Dituju

Tentu Anda harus mencari tahu atau riset biaya sekolahan yang menjadi tujuan Anda. DI mulai dari biaya sekolah untuk anak-anak sampai biaya pendidikan untuk perguruan tinggi. Umumnya sekolah seperti SD, SMP SMA kebanyakan orang tua memilihkan sekolah yang dekat dari tempat tinggal mereka. Dengan begitu Anda dapat dipermudah ketika akan mencari informasi soal biaya.

Untuk pendidikan lanjut ke perguruan tinggi biasanya orang tua rela mengizinkan anaknya untuk berkuliah di luar kota bahkan di luar negeri sekalipun. Perihal biaya kuliah, Anda pun bisa mengeceknya langsung melalui situs web resmi kampus tersebut.

3.       Menghitung Dana Pendidikan dengan Perhitungan Inflasi

Dana pendidikan mengalami kenaikan karena keperluan untuk penyediaan kualitas mengajar terbaik juga tinggi. Bukan hanya untuk guru saja, murid juga perlu membayar untuk keperluan praktikum, membeli buku dan sebagainya.

Dana pendidikan sendiri juga dipengaruhi inflasi yang dapat terjadi kapanpun. Inflasi ini menjadi salah satu kondisi yang harus dihadapi. Anda dapat memperkirakan kenaikan  tersebut dengan menghitung sendiri kenaikan inflasi dana pendidikan.

4.       Menghitung Jangka Waktu untuk Memenuhi Biaya Pendidikan

Walaupun umumnya biaya pendidikan dapat disiapkan jauh-jauh hari, Anda juga dapat mempersiapkannya dalam jangka pendek. Kondisi tersebut dapat disesuaikan oleh kemampuan finansial Anda. Dalam mempersiapkan untuk jangka waktu dapat Anda mulai dari setelah menikah. Pada situasi ini biasanya orang-orang belum mempunyai kemampuan finansial yang baik, namun tidak ada salahnya mencoba menabung untuk keperluan pendidikan anak di masa depan.

5.       Pilihlah Instrumen Investasi Terbaik

Agar persiapan dana pendidikan anak Anda nanti dapat tercukupi, cobalah untuk memanfaatkan berbagai pilihan investasi agar dapat menjadi sumber pendapatan tambahan setiap tahunnya. Berbagai jenis  instrumen investasi yang dapat dipilih dalam jangka panjang serta jangka pendek. Akan tetapi, hal terpenting yaitu dapat mengimbangi pergerakan inflasi yang tidak dapat dihindari. Pada prosesnya Anda dapat menyesuaikannya dengan profil risiko terbagi menjadi beberapa bentuk yaitu konservatif, tipe moderat serta yang agresif.

6.       Menghitung Biaya Tambahan

Mempersiapkan biaya pendidikan anak bukan hanya sebatas SSP, uang pangkal saat pertama kali mulai sekolah, tapi Anda juga harus memikirkan dan mempersiapkan uang untuk biaya tambahan. Dimana biaya tersebut dapat digunakan untuk membeli berbagai keperluan sekolah seperti membeli buku, membeli seragam yang akan digunakan oleh sang anak saat pergi sekolah.

Apabila Anda memberi anak fasilitas untuk mengambil kelas di luar sekolah, itu berarti Anda harus menyiapkan biaya lain untuk kursus. Seperti kurus matematika, bahasa inggris dan lain sebagainya.

Setelah itu, sang anak juga memerlukan uang jajan ketika ia bersekolah. Dengan waktu sekolah yang tidak sebentar, tentu sang anak butuh yang namanya makan. Kadang ia juga ingin bermain bersama para teman-temannya. Nah, biaya tambahan seperti inilah yang juga perlu dipikirkan dan pastinya juga dipersiapkan agar proses pendidikan untuk anak bisa lancar.

7.       Mempersiapkan proteksi Lewat Asuransi Pendidikan

Tips mempersiapkan dana pendidikan bagi anak sampai S1 selanjutnya yakni dengan menyiapkan asuransi pendidikan. Produk asuransi yang dapat dipilih yaitu asuransi jiwa dan asuransi pendidikan. Lewat asuransi pendidikan tentu dapat membantu sang anak tetap bisa meraih pendidikan yang diinginkan meski di kondisi orang tuanya sudah tidak mampu lagi mencari nafkah yang mungkin disebabkan oleh terjadi kecacatan fisik, meninggal dunia atau sudah berusia lanjut.

Sementara, asuransi jiwa memiliki keunikan bisa diwariskan ke anggota keluarga saat pemilik yang terdaftar meninggal dunia. Ditambah asuransi jiwa tersebut tergolong fleksibel, dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, dan salah satunya untuk dijadikan dana pendidikan sang anak.

Agar dapat memilih asuransi terbaik, Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu, karena saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang memiliki fasilitas yang bagus. Jadi pilihlah perusahaan asuransi terbaik dari yang terbaik.