Tips Memulai Investasi di Pasar Modal

Pastinya kalian tidak asing lagi dengan yang namanya investasi. Tapi kalian pernah tidak mendengar yang namanya investasi pasar modal, bagaimanakah cara kerja dari pasar modal tersebut akhir akhir banyak sekali yang kayaknya sudah pada mengetahui apa sih itu investasi pasar modal. tetapi kehadirannya pada saat ini masih naik turun artinya belum bisa tetap, bahkan juga pernah sempat berhenti.

 

Dengan kamu mengerti cara cara ikut investasi pasar modal, ia akan memberikan keuntungan yang tentunya sangat begitu besar. berbeda dengan kamu tanpa mengetahui betul cara cara investasi pasar modal kerugian yang akan anda dapat juga sudah di depan mata anda. ,atau bisa dibilang menantimu. 

 

Sebelum anda memahami cara cara yang akan kami rangkum dan bahas bersama sama kalian juga harus tahu dulu apa sih pasar modal secara umum, di bawah ini adalah kelebihan dari pasar modal. 

 

Kelebihan dari investasi pasar modal 

  • Pilihan yang yang beragam 

kelebihan dari pasar modal yaitu jenis investasi ini menawarkan berbagai jenis, kenapa ini bisa dibilang kelebihan dari pasar modal.? Karena ada beberapa jenis atau pilihan dari pasar modal tentunya akan sangat memudahkan anda untuk memperoleh keuntungan karena dapat menentukan jenis investasi yang cocok untuk anda pilih.

  • Sebagai jaminan 

Selain mempunyai berbagai macam jenis investasi yang dijelaskan tadi investasi pasar modal juga memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan jaminan jika anda mempunyai aset di investasi tersebut. Ketika anda membutuhkan uang bisa anda gunakan untuk berhutang.

 

  • Keuntungan yang tentunya tinggi 

Untuk kamu yang mau mengikuti investasi tersebut anda. Keuntungan yang akan kamu dapatkan tentunya juga relatif besar. Karena ia memiliki hasil yang finansial, yang berarti keuntungan finansial ini tidak bisa bersifat pada kenaikan modal yang anda miliki. 

 

Apa itu jenis investasi pasar modal 

Jika kalian belum tahu pasar modal adalah perusahaan yang bertemu dengan perusahaan yang lainya dana yang akan didapat adalah dana dari masyarakat yang ingin memiliki usaha atau yang sedang ingin membuka usaha barunya. Yang berarti masyarakat yang hanya ingin berinvestasi di perusahaan tersebut. 

 

Kalau kamu ingin berminat untuk mengikuti investasi pasar modal tersebut artinya kalian harus menginvestkan modal modal kamu atau saham saham kamu itu ke pasar modal tersebut. Dengan kamu mengikuti investasi tersebut kamu akan mendapatkan keuntungan jika modal anda tersebut harganya tinggi. 

 

Tantangan dan resiko

Semua investasi memiliki resiko entah itu kecil maupun resiko yang besar. dalam investasi pasar modal bukan hanya keuntungan yang akan kamu dapatkan tentunya juga ada beberapa kekurangan dan resiko yang akan kalian jumpai. 

 

Bisnis investasi adalah bisnis yang harus mempunyai strategi yang besar dan matang untuk mendapatkan untung yang juga bisa dibilang besar.

 

Inilah beberapa tips atau cara untuk memulai investasi pasar modal
Untuk kamu yang sangat ingin mengikuti bisnis tersebut ada juga beberapa langkah yang perlu kalian pahami. Dan kamu harus tahu tujuan anda mengikuti bisnis tersebut itu apa? Untuk anda gunakan di jangka panjang atau anda gunakan di jangka pendek, tidak asal asalan ikut investasi tersebut jika kamu tidak mempunyai tujuan yang jelas atau strategi yang pasti. Kamu juga harus tau profil investasi yang akan dijalani artinya itu memiliki resiko yang besar atau tidak.

 

Sebaiknya kamu ikuti langkah langkah di bawah ini

  1. Harus memilih pasar modal yang sudah ter izin oleh OJK (otoritas jasa keuangan)
  2. Sebaiknya kalian memulai investasi dengan menggunakan reksa karena bagus untuk investor pemula. Karena kalian akan sangat dibantu untuk berinvestasi
  3. Selain itu kamu juga harus memiliki target dan kamu juga harus memiliki jangka waktu yang sudah kalian tentukan.
  4. Berinvestasi dengan jenis profil yang pas atau berinvestasi di berbagai jenis investasi kembali lagi sebaiknya jenis investasi yang anda tempati sudah terdaftar di otoritas jasa keuangan (OJK)

 

Jenis jenis investasi yang ada di pasar modal

  • Reksadana

Jenis investasi ini sangat cocok untuk kamu yang memulai bisnis tersebut

  • Saham

Yang satu ini adalah syarat utama untuk memulai bisnis pasar modal di perusahaan yang akan kalian ikuti 

  • Exchange Traded Fund 

Tidak jauh berbeda dengan dengan reksadana exchange traded fund juga memiliki pengumpulan surat yang kolektif 

  • Jenis investasi obligasi

Ini adalah jenis investasi yang memiliki sarat utang, biasanya investasi jenis tersebut yang melalui perusahaan tertentu. Modal yang digunakan pun  juga relatif besar.

 

Jadi bagaimana apakah kalian minat untuk mengikuti bisnis investasi pasar modal tersebut? Itulah rangkuman dan pengetahuan yang dapat kamu rangkum dan kami jelaskan kepada kalian semua selamat mencoba. Ingat setiap bisnis investasi ada keuntungan dan resiko yang akan kalian dapatkan.