Tips Menabung Bagi Karyawan Bergaji 5 Juta

tips menabung

Bagi Anda yang mempunyai penghasilan atau gaji sekitar 5 juta pasti pernah merasa bingung agar bisa membagi atau mengalokasikan pendapatan yang digunakan untuk kebutuhan dan uang yang ditabung atau disimpan. Ada beberapa tips menabung yang bisa Anda terapkan pada pola keuangan Anda. Dengan mengetahui cara menabung atau tips nabung yang tepat pasti akan membantu Anda dalam mengalokasi anggaran dari pendapatan perbulan.

Aktivitas menabung adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan apalagi jika Anda sudah berkeluarga. Memiliki kesehatan keuangan yang stabil, tentu akan mengurangi kecemasan Anda dalam menjalani hidup dan dapat terhindar dari yang namanya hutang. Mempunyai alur keuangan terstruktur juga akan dapat melindungi Anda ketika sedang berada dalam keadaan yang darurat.

Sekarang ini hal yang paling Anda butuhkan supaya dapat menabung meski memiliki gaji yang pas-pasan atau bergaji 5 jutaan adalah dengan memiliki tips nabung atau cara menabung yang tepat agar bisa mengatur gaji perbulan Anda dan dialokasi ke hal-hal yang menjadi prioritas utama. Dibawah ini terdapat beberapa cara yang tepat untuk mengatur gaji bulanan bagi Anda yang memiliki gaji 5 juta.

Tips Menabung untuk Gaji 5 Juta 

tips menabung gaji 5 juta

1.       Mengutamakan Uang untuk Di Tabung

Ketika waktu gajian Anda tiba, sebaiknya Anda harus segera memisahkan sejumlah uang yang akan disimpan atau ditabung, lalu setelah itu barulah Anda memakai atau mengalokasikan sisa uang untuk kebutuhan lain. Apabila Anda merasa sanggup untuk menyisihkan uang pendapatan mulai dari 20 sampai 30 persen, itu berarti Anda akan memiliki kesehatan finansial yang terjamin, dimana jumlah uang tersebut dapat menjadi tabungan dan akan berguna di kemudian hari ketika Anda sedang terdesak atau benar-benar membutuhkan.

2.       Membuat Tabungan Alternatif

Berikutnya adalah tabungan alternatif yang bisa Anda pilih dengan beberapa metode yang sangat mudah. Apabila sebelumnya Anda pernah membayangkan menyimpan uang sekaligus melakukan investasi menjadi kegiatan yang rumit.

Akan tetapi sekarang ini semua orang bisa memilih jenis tabungan alternatif berupa investasi emas seperti yang ada pada layanan pegadaian dan juga bank syariah. Bentuk investasi satu ini berupa angsuran setiap bulan sehingga Anda bisa menyesuaikan jumlah uang dari yang Anda peroleh dari gaji rutin per bulan.

3.       Mengontrol Kebutuhan Operasional

Uang operasional seperti dana untuk keperluan transportasi Anda setiap hari, hiburan, makan, membeli kebutuhan bulanan, jika berbicara seputar cara menabung tentu Anda perlu mengontrol atau mengurangi dana untuk keperluan operasional tersebut agar bisa Anda alokasikan sebagian untuk bisa disimpan atau ditabung.

Ingta, Anda hanya perlu memangkas atau mengurangi dana yang dialokasikan ke kebutuhan operasional dan bukan untuk dihilangkan. Dengan begitu Anda bisa efisien dalam penggunaan uang agar bisa memiliki sisa dana yang bisa ditabung dari pendapatan dalam satu bulan gaji.

4.       Hindari Menggunakan Kartu Kredit

Tips nabung berikutnya adalah dengan menghindari kebiasaan bertransaksi dengan kartu kredit. Seperti Anda ketahui sendiri, kehadiran kartu kredit sudah seperti bagian gaya hidup bagi banyak orang, akan tetapi bila Anda sendiri merasa bahwa pendapatan atau gaji diperoleh setiap bulannya tergolong kecil atau pas-pasan, upayakan untuk menghindari menggunakan kartu kredit ini kecuali jika Anda dalam kondisi yang memaksa Anda memiliki kartu kredit, itu tentu menjadi alasan tersendiri namun Anda juga harus bisa mengontrolnya dengan baik, agar tidak mengacaukan alur keuangan Anda yang sudah tersusun rapi.

5.       Mengaktifkan Rekening Tabungan Berupa Autodebit

Saat ini sudah semakin banyak perusahaan perbankan yang turut menyediakan layanan transaksi seperti autodebit yakni pemotongan uang dengan jumlah tertentu serta pada tanggal tertentu agar dapat dialihkan ke dalam tabungan atau rekening lainnya. Menggunakan metode ini terbilang manjur, dimana Anda bisa mengontrol anggaran pengeluaran Anda setiap bulannya. Dengan begitu alur keuangan Anda bisa terjaga dan akan tetap terstruktur.

6.       Hilangkan Kebiasaan Bersikap Konsumtif

Menjadi musuh banyak orang adalah menahan kebiasaan berbelanja yang bersikap konsumtif, dimana saat ini semua hal serba instan dan canggih. Keuangan bisa dikontrol dari HP seperti fitur M-Banking, SMS Banking dan sejenisnya. Selain itu sudah tersedia juga dompet digital dengan berbagai tawaran menggiurkan. Nah, hal ini berbanding lurus dengan hadirnya belanja online yang tersedia di berbagai e-commerce ternama.

Kebiasaan berbelanja online membuat sebagian orang merasa ketagihan, dimana mereka hanya melakukan scroll produk dari setiap toko online yang dikunjungi, setelah itu memesan barang-barang seperti baju, sepatu topi dan sejenisnya. Ketika sudah memilih produk yang ingin dibeli, mereka hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk menyelesaikan transaksi pembelian, setelah itu produk siap dikirimkan ke alamat pembeli.

Tips Menabung yang paling ampuh adalah hilangkan kebiasaan berbelanja yang sikapnya konsumtif, dimana Anda membeli sebuah barang yang nilainya akan turun ketika dijual lagi atau bahkan ada yang menjadi tidak bernilai. Maka belilah barang-barang seperlunya, agar Anda bisa menabung dari gaji yang hanya 5 juta per bulan.