Tips Mengatasi Stres Bagi Ibu Pekerja

Apakah Anda seorang ibu yang juga bekerja? Jika iya, sudah pasti banyak sekali hal yang Anda rasakan, termasuk stress. Menjalankan peran ganda memang sangatlah sulit sekali, terlebih lagi Anda harus memastikan bahwa anak-anak juga mendapatkan perhatian khusus. Disaat yang bersamaan juga Anda harus profesional dengan pekerjaan. 

Tidak heran jika banyak sekali seorang ibu yang juga pekerja mengalami stress yang cukup parah. Hal ini pun akan berakibat buruk untuk keluarga bahkan diri Anda sendiri. Ketika Anda sudah merasa stress, mungkin bisa menggunakan beberapa tips berikut ini agar stress bisa teratasi. 

Tips Atasi Stress Untuk Ibu Yang Juga Bekerja 

Banyak sekali yang mengatakan bahwa seorang perempuan adalah sosok yang kuat. Terlebih bagi para ibu yang bisa berperan menjadi apapun dalam rumah tangga. Tapi, hal ini terkadang menyebabkan ibu kelelahan tanpa sadar dan akhirnya pun stress. Apalagi jika sang ibu juga menjadi seorang pekerja. Sudah pasti stress bisa bertumpuk. 

Bagi Anda yang juga mengalami hal yang sama, coba ikuti tips mengatasi stress berikut ini: 

Mulailah atur waktu 

Ketika Anda bekerja dan juga seorang ibu, maka sudah pasti harus mengatur dengan baik. Hal ini sendiri sangatlah penting bagi Anda. Aturlah waktu kapan harus memberikan perhatian untuk di rumah dan batasi waktu Anda bekerja. Dengan mengatur waktu, Anda tidak akan merasa stress karena seluruh kewajiban dan juga kebutuhan di rumah sudah terpenuhi. 

Bahkan pekerjaan pun bisa selesai tepat waktu, sehingga Anda bisa mempunyai waktu untuk istirahat juga. Kebanyakan seorang ibu yang bekerja pasti akan merasa stress ketika tidak bisa mengatur waktu yang baik. Karena sudah jelas pekerjaan dan mengurus keluarga akan keteteran. 

Fokuskan pada Keluarga 

Menjadi seorang ibu yang juga meniti karir, sudah pasti akan ada perkembangan yang dirasakan. Dimana promosi untuk bisa naik jabatan juga bisa saja terjadi kapanpun. Tapi, Anda harus ingat akan keluarga di rumah. Apabila naik jabatan tapi terlalu banyak menghabiskan waktu di kantor, maka lebih baik Anda tidak mengambilnya. 

Kenapa? Karena keluarga Anda adalah orang paling penting. Walaupun tawaran naik jabatan sangatlah menggoda karena gaji juga akan ikut meningkat, tapi waktu yang Anda berikan untuk keluarga pun menjadi berkurang. Sehingga Anda tidak akan bisa mengatur waktu dengan baik. Stress pun melanda. Jadi, lebih baik Anda harus memastikan bahwa Anda memilih keluarga. 

Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri 

Bagi Anda yang sudah terlalu lelah akan pekerjaan dan juga urusan di rumah, tidak perlu merasa khawatir. Karena apa yang Anda rasakan adalah manusiawi. Tidak ada salahnya Anda beristirahat sebentar. Luangkan waktu untuk diri sendiri. Misalnya Anda liburan sendiri, pergi ke salon dan lain sebagainya. 

Carilah kegiatan yang sekiranya bisa membuat Anda tenang dan pikiran bisa semakin segar. Tapi, tentu saja meluangkan waktu ini harus Anda komunikasikan dengan pasangan atau dengan anak. Sehingga Anda bisa benar-benar merasa lega ketika sudah mendapatkan ketenangan diri. 

Ajak Liburan Keluarga 

Kalau sebelumnya Anda membutuhkan waktu untuk diri sendiri, maka Anda juga bisa mengajak keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Mungkin Anda bisa berlibur ke kota yang sudah ingin dikunjungi semenjak lama. Berlibur bersama keluarga sangatlah membantu Anda untuk merefreshkan pikiran. 

Karena dengan melihat orang yang paling disayang bahagia, maka Anda juga akan merasakan bahagia. Perasaan senang dan bahagia inilah yang akan membuat Anda terlepas dari stress. Sehingga Anda pun nantinya akan bisa bekerja dengan baik dan hubungan dengan keluarga akan semakin dekat. 

Jujur Dengan Orang di Rumah 

Ketika Anda mendapatkan masalah di kantor, janganlah ragu untuk bercerita kepada keluarga. Terutama pasangan. Jujurlah apa yang sedang Anda rasakan dan apa yang ingin Anda lakukan, setidaknya pasangan akan mendukung Anda sebisa mungkin. Dengan menceritakan apa yang Anda rasakan, setidaknya Anda akan merasa lega. 

Jangan pernah takut dengan apa yang sedang terjadi, karena keluarga sudah pasti akan mendukung Anda. Karena tanpa mereka, sudah pasti Anda tidak akan ada sampai sekarang. Jadi, pastikan Anda selalu jujur dengan apa yang terjadi. 

Itulah beberapa tips yang bisa mengatasi stress bagi ibu yang juga bekerja. Hal paling penting ketika Anda menghadapi stress adalah tidak memendam apapun sendiri. Ceritakan masalah Anda kepada orang terdekat. Karena mereka akan memberikan nasihat serta dukungan sehingga Anda pun bisa terhindar dari stress. Jadi, semangat terus, ya.