Tips-tips Agar Sukses Mengerjakan Soal Psikotes Kerja

psikotes kerja

Anda yang sedang mencari pekerjaan, pasti sudah tahu bahwa dalam tahap penyeleksian akan menjalani psikotes kerja. Test yang satu ini terkadang menjadi momok yang cukup menakutkan bagi pelamar kerja. Bagaimana tidak menakutkan, bila tidak lolos test ini sudah pasti tidak akan berlanjut ke proses interview. Untuk itu, bagi Anda yang akan menjalani psikotes ini ada baiknya mengetahui tips mengerjakannya.

Tujuan Adanya Psikotes Kerja

Sebelum Anda tahu apa saja tips supaya sukses mengerjakan psikotest, baiknya memahami terlebih dahulu tujuan dari adanya test ini. Tidak banyak yang tahu, bahwa test ini memberikan banyak pengaruh baik terhadap keberlangsungan dari sebuah perusahaan. Di bawah ini adalah tujuan dari psikotes dalam seleksi karyawan:

  • Mengenal karasteristik

Tujuan pertama dari psikotes ini adalah untuk mengenal karakteristik Anda. Dalam test yang diberikan pun tidak akan ada jawaban benar atau salah, Anda hanya perlu untuk menjawab sesuai dengan apa yang dipikirkan. Dalam test ini akan menghasilkan karakterstik seperti kepercayaan diri, kemampuan untuk bekerja sama, kestabilan emosi, kemampuan menyesuaikan diri dan lain sebagainya.

  • Mengetahui seberapa baik kemampuan kognitif

Tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif yang Anda miliki. Kemampuan kognitif berhubungan dengan seberapa cepat atau baiknya Anda dalam menerima instruksi. Hal ini sangatlah penting karena untuk mendukung lingkungan pekerjaan yang lebih produktif dan juga sehat.

  • Mengukur kecerdasan

Psikotes juga memiliki tujuan untuk mengukur kecerdasan Anda. Hal in itiak lepas dari kebutuhan dari perusahaan yang membutuhkan karyawan yang cerdas dan juga cekatan. Dalam test ini pun kebanyakan soal yang dikerjakan ada perhitungan seperti matematika dan logika matematika.

  • Mengukur kemampuan dalam memimpin

Untuk Anda yang melamar pekerjaan dengan jabatan tinggi, psikotes sangat dibutuhkan untuk bisa mengukur kemampuan dalam memimpin. Karena dalam lingkungan kerja, akan ada banyak sekali tugas yang membutuhkan kinerja baik dari seorang pemimpin. Hal ini bertujuan agar pekerjaan bisa berjalan lancar.

Tips Sukses Mengerjakan Soal Psikotes Kerja

soal psikotes

Bagi Anda yang akan mengikuti psikotes untuk seleksi menjadi seorang karyawan, lebih baik tahu apa saja tips yang dibutuhkan agar sukses melewati test yang satu ini. Berikut ini adalah tips-tipsnya:

  • Optimis serta percaya diri

Tips pertama agar Anda bisa sukses dalam mengerjakan soal psikotes adalah berpikiran optimis dan percaya diri. Dalam menjalankan test ini, Anda harus siap secara mental dan juga fisik. Mengapa demikian? Karena dalam mengerjakan soal ini, Anda akan mengerjakan dalam waktu yang sudah ditentukan.

Belum lagi jumlah soalnya yang terbilang banyak. Jika Anda tidak siap mental, maka rasa panic dan tegang akan muncul. Bila sampai hal ini terjadi, berarti Anda tidak akan fokus dalam menjawab soal yang diberikan. Ini menjadi nilai minus nantinya, karena Anda menjawab soal hanya asal-asalan dan tidak dipikirkan terlebih dahulu.

Jawablah seluruh soal dengan optimis, jangan takut salah. Anda harus mengingat bahwa ini adalah psikotes yang bertujuan untuk memberikan gambaran karakteristik yang ada dalam diri Anda. Tidak ada salah jawaban benar salah, kecuali untuk test kecerdasan. Percaya dirilah dengan semua jawaban yang sudah diberikan. Agar bisa fokus selama mengerjakan test ini.

  • Latihan soal

Sebelum mengikuti psikotes, maka tidak ada salahnya Anda latihan soal-soal psikotes yang bisa ditemukan di internet. Berlatih dengan banyak, agar Anda dapat semakin familiar dengan soal yang diberikan nantinya. Anda bisa mengerjakan soal yang sekiranya mirip dengan psikotes yang kebanyakan diberikan.

  • Hati-hati dalam mengerjakan soal logika aritmatika

Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan pada saat mengerjakan test ini adalah soal logika aritmatika. Jenis soal yang satu ini memiliki kesulitan yang cukup tinggi, karena selain menghitung Anda juga harus memilik logika yang tajam. Anda harus berhati-hati saat mengerjakan test ini jangan sampai ada yang salah.

Meskipun begitu, Anda juga perlu mengingat adanya waktu yang diberikan saat mengerjakan test yang satu ini. Jangan terpaku hanya pada satu soal saja, bila memang tidak mengerti lebih baik Anda melewatinya terlebih dahulu dan mengerjakan soal yang lain. Jika masih ada sisa waktu, barulah kembali ke soal yang belum terjawab.

  • Jangan takut gagal

Tips terakhir adalah jangan pernah takut gagal lolos dari test ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa test ini memiliki tujuan sendiri. Bila memang Anda tidak lolos, maka jangan takut. Anda bisa mencoba berulang kali. Kegagalan dalam test ini bisa menjadi pelajaran untuk Anda agar bisa menyelesaikan atau menjawab soal psikotes yang dari perusahaan lain.

Itulah beberapa tips sukses mengerjakan psikotes kerja. Hal paling utama agar Anda selalu sukses adalah dengan mempersiapkan mental dan fisik. Keduanya sangatlah penting supaya Anda bisa fokus dalam menjawab seluruh soalnya.