Tips Untuk Mengatasi Sifat Boros Jadi Hemat dan Rajin Menabung

Kebiasaan buruk yang bisa mengganggu keadaan keuangan kamu sendiri adalah bersikap boros dan menggunakan uang secara berlebihan untuk hal dan barang yang tidak diperlukan. Memang banyak yang bilang bisa menghilangkan stres dengan berbelanja ata healing dengan membelanjakan uangnya.

Namun, itu adalah sifat boros yang tidak akan membuat kamu rugi. Belanja memang penting, khususnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun akan rugi jika sampai boros. Jika kamu boros maka akan sulit menabung dan uang yang selama ini dihasilkan dari kerja kerasmu seperti tidak ada hasilnya.

Bahkan di luar sana masih banyak juga orang-orang yang sadar bahwa mereka hidup dengan boros, tetapi tidak langsung membuat orang-orang tersebut berhenti membelanjakan uang dengan boros. Jika uang sudah habis, maka tidak akan mudah membiayai kehidupan hingga bulan depan.

Maka tidak heran jika timbul masalah baru dan orang lari pada hutang atau mengajukan pinjaman. Tentu ini adalah pengajuan pinjaman yang tidak perlu. Karena, jika mengajukan pinjaman maka kamu hanya akan membayar bunga dan sebagainya.

Oleh sebab itu, solusinya adalah dengan hidup hemat, rajin menabung dan tidak boros-boros dalam membelanjakan uang. Jika bisa hidup hemat dan bisa menabung, maka kamu akan dapat kedamaian karena memiliki uang dan dana darurat yang akan bermanfaat di masa depan.

Cara Mengatasi Boros Agar Bisa Hemat dan Rajin Menabung

Sifat boros harus segera dihentikan demi kebaikan kondisi keuanganmu pribadi. Memiliki uang atau sudah merdeka finansial adalah hal yang membuat lega dan hidup akan jadi sedikit lebih lega.

Maka dari itu, kamu harus coba berhenti hidup boros dan coba menghemat uang agar bisa menabung. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu perhatikan agar bisa mengatasi sifat boros, supaya kamu bisa hidup lebih hemat dan rajin menabung. Simak yuk!

Merencanakan Anggaran dan Menerapkannya Perlahan

Hal utama yang harus dilakukan adalah dengan menyusun anggaran dan coba menerapkannya dengan pelan-pelan saja. Khususnya jika kamu memang selama ini sudah sering hidup boros.

Solusinya adalah dengan menyusun anggaran dan coba untuk menerapkannya dengan perlahan namun pasti. Karena, semua yang sudah direncanakan memang tidak bisa sesuai keinginan dalam hal keuangan.

Kamu bisa menuliskan berbagai aturan agar tidak boros. Susun ulang dengan baik danĀ  hitung berapa anggaran yang harus dikeluarkan misalnya dalam satu bulan ke depan. Usahakan untuk menghitung dengan cermat dan tidak dilakukan dengan sembarangan.

Jika sudah begitu maka, kamu bisa coba menerapkannya. Lakukan pelan-pelan saja, karena jika secara langsung semuanya sekaligus maka hanya akan memberatkanmu saja. Justru jika terlalu berat kamu tidak akan sanggup dan kembali boros.

Melakukan Analisa

Selanjutnya kamu harus menganalisa mulai dari hal yang sangat kecil. Maksudnya adalah lakukan analisa terhadap kamu yang selama ini sudah boros dan menganalisanya dari hal yang kecil sendiri.

Memang, belanja tidak tentu buruknya namun akan buruk jika kamu boros menggunakan uang untuk belanja. Pikirkan juga alasan kamu belanja barang tersebut dengan cermat.

Maka dari itu, kamu akan mendapatkan kesimpulan dari hasil analisis tersebut bahwa kamu akan mengecilkan tujuan berbelanja dari yang biasa selama ini kamu sudah lakukan. Sebagai contohnya kamu suka berbelanja menggunakan kartu kredit maka bisa dengan cara tidak membawanya.

Apalagi jika selama ini kamu menggunakan uang dan belanja menggunakan kartu kredit. Kamu harus bisa lebih bijaksana dalam menimbang berbagai macam pengeluaran agar uang tidak cepat habis dan bisa menabung.

Mencari Tahu Alasan Boros dan Mencari Solusi yang Tepat

Kamu juga harus mengetahui apa saja alasan kenapa kamu bisa boros dan kenapa kamu menggunakan uangmu dengan jumlah yang besar padahal kamu tidak membutuhkan barang itu. Memang semua orang memiliki kebiasaan yang berbeda satu sama lain.

Namun, ada sebagian orang yang memiliki alasan kurang bijak dalam membelanjakan uangnya. Misalnya stres, waktunya sedang luang saja, bosan, dan lain-lain. Itu adalah alasan-alasan yang harus segera dihindari dan jangan boros hanya karena alasan itu.

Jika saja alasan kamu bosan dan stres, kamu bisa menyalurkannya ke hal lain dan tidak untuk berbelanja. Misalnya, bermain game, berolahraga, jalan-jalan ke taman, nonton TV, dan lain sebagainya.

Tidak Mudah Tergoda Diskon

Tidak saat belanja saja, nyatanya ada banyak promo dan diskon yang berseliweran dimana-mana. Ada juga di media sosial, website atau bahkan saat kamu sedang jalan-jalan di mall atau membuka marketplace.

Kamu harus bisa tahan godaan dan tidak membeli barang atas dasar sedang diskon saja. Bahkan, kalau bisa kamu tidak banyak membuka aplikasi marketplace jika tidak terlalu sedang membutuhkan barang, atau tidak terlalu sering jalan-jalan di mall yang akan banyak godaan.