Trend Gaya Hidup Sehat Lagi Tinggi, Ini Peluang Bisnisnya

Saat ini gaya hidup yang sehat sedang menjadi sebuah tres dimasyarakat Indonesia, khususnya para kaum urban. Dimana banyak orang yang tinggal di perkotaan mengadaptasi cara hidup sehat, mayoritas dari mereka akan memilih untuk bersepeda atau berjalan kaki menuju tempat kerja.

Selain itu banyak juga yang mulai untuk mengurangi konsumsi makanan junk food atau cepat saji, mereka akan mengganti menunya dengan menu makan sehat. Dimana biasanya akan memasak sendiri atau memesan katering makanan sehat.

Kesadaran tentang kesehatan saat ini sudah semakin meningkat, dengan peduli akan kesehatan hidup mereka juga sudah pasti akan menjadi sehat. Selain itu juga ada faktor-faktor tertentu yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu waktu.

Karenanya sekarang banyak sekali peluang usaha terkait gaya hidup yang sehat. Keuntungan yang bisa diperoleh juga besar, oleh sebab itu jangan sampai dilewatkan. Berikut ini adalah tips untuk memulai bisnis.

Tips memulai usaha sesuai tren hidup sehat

  • Sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha yang berkaitan dengan hidup sehat adalah mencari tahu apakah hal yang sedang digemari oleh banyak orang. Jadi, lakukanlah survei dan riset pasar.
  • Pilihlah bisnis yang mempunyai prospek baik, dengan begitu Anda dapat memperoleh ekspansi bisnis dengan cepat. Ekspansi disini merupakan hubungan dari peluang bisnis terkait gaya hidup yang sehat.
  • Ketika Anda berencana untuk membuka jasa konsultasi mengenai gizi atau diet, maka usaha ini dapat dikembangkan ke jenis lain yang berkaitan, misalya katering makanan yang menyehatkan serta menjual produk diet.
  • Bila ide bisnisnya sudah terpenuhi, selanjutnya adalah membicarakan tentang konsep bisnis. Anda harus bisa membuat bisnis yang akan dijalankan menjadi menari dan dapat dijadikan ciri khas.
  • Anda harus menentukan bagaimana konsep dari bisnis yang Anda inginkan, misalnya seperti lokasi, jenis produk, strategi promosi, segmentasi konsumen dan lainnya.

Ide bisnis sesuai dengan gaya hidup yang sehat

Seperti yang Anda ketahui jika pandemi masih belum berakhir, dimana karena hal tersebut membuat banyak orang menjadi lebih peduli pada kesehatan diri serta lingkungan. Selain itu dengan munculnya pandemi, menjadikan kehidupan sehat sebagai kewajiban sebab banyak yang khawatir tertular covid-19.

Mayoritas orang akan lebih sensitif dengan apa yang akan dikonsumsi, seperti makanan dan minuman demi menghindari tertular virus. Tentunya sebagai pelaku usaha, Anda harus mematuhi beberapa protokol kesehatan, yakni :

  • Penggunaan alat pelindung, selama bekerja.
  • Selalu sterilisasi dan bersihkan produk, kemasan dan fasilitas yang sudah selesai digunakan.
  • Cek suhu pelanggan dan karyawan.
  • Pastikan jika keadaan tubuh sehat.
  • Membatasi jumlah pelanggan.

Ide usaha yang sesuai dengan pola hidup sehat

  • Catering makanan sehat

Sebenarnya untuk yang satu ini sudah terkenal jauh sebelum pandemi hadir, hanya saja memang semakin banyak pelaku usahanya beberapa thun belakangan. Mengapa disarankan untuk membuka bisnis ini?

Sebab, walaupun banyak yang mulai sadar dengan kesehatan dan pola hidup sehat. Namun, kebanyakan dari mereka tidak memiliki waktu untuk memasak, jadi Anda bisa menawarkan menu-menu diet yang enak serta sehat.

  • Bisnis camilan

Jika Anda suka atau memiliki hobi memasak, maka Anda dapat membuka usaha dengan menjual camilan yang tentunya sehat. Misalnya dengan menjual granola, oatmeal, jus buah, yogurt dan jenis camilan lainnya.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah produk ini bisa disimpan 2 hingga 3 hari, tergantung bagaimana Anda mengemasnya. Karena itu, gunakanlah kemasan yang baik dan simpanlah pada lokasi yang bersih.

  • Membuka pusat kebugaran

Sebenarnya untuk yang satu ini Anda harus mengeluarkan modal yang besar. Karena jika berbicara pusat kebugaran pastinya Anda membutuhkan banyak peralatan agar para member dapat berolahraga dengan semangat.

Untuk lokasinya Anda bisa memilih yang dekat kawasan perkantoran, tempat tinggal atau kampus. Lalu bisa juga membuka bisnis ini selama 24 jam. Namun, Anda harus memastikan jika ada yang membantu untuk menjaga tempat tersebut.

  • Menjadi instruktur olahraga

Apabila Anda memiliki hobi olahraga atau senam, maka Anda dapat mencoba untuk menjadi instruktur senam atau olahraga. Jasa ini terbilang memiliki banyak peminatnya, sebab banyak perusahaan yang mulai sadar tentang pentingnya kesehatan bagi para karyawannya.

Anda dapat menawarkan jasa Anda pada perusahaan, ibu-ibu arisan dan lainnya. Tetapkanlah tarif untuk persekali datang, misalnya untuk satu kali pertemuan adalah sebesar Rp 500.000 hingga Rp 1 juta, namun ini bisa disesuaikan dengan jumlah peserta yang ikut.

Persiapkanlah modal

Tentunya dalam membuka suatu usaha, Anda membutuhkan modal yang telah disesuaikan dengan jenis bisis yang dijalani. Karena tidak ada modal, maka usaha tidak akan berjalan atau keinginan Anda tidak akan dapat terwujud.

Hitunglah lebih dulu mengenai besaran dari modal yang Anda butuhkan untuk membuka usaha tersebut. Tentunya jika usaha yang Anda buka memiliki skala yang besar, maka modal yang dibutuhkan juga besar.

Jadi, hitunglah segalanya dengan cermat dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Karena segala persiapan diawal akan memudahkan Anda ketika bisnis sudah mulai berjalan.