Trik Ampuh Hemat Pengeluaran Saat Harga Bahan Pokok Naik

 

Ternyata meskipun dampak ekonomi akibat pandemi sudah berangsur pulih, namun harga barang pokok saat ini justru mengalami kenaikan. Dimulai dari minyak goreng yang naik drastis menjadi sekitar Rp 25 ribu per liter yang semula berharga Rp 14 ribu saja. 

Kemudian, berbagai bahan pokok lainnya juga turut melonjak harganya. Ada daging ayam, telur, tepung, dan masih banyak lagi. 

Kenaikan harga barang pokok tentu akan sangat merugikan terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Mungkin yang tadinya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, saat ini jadi kurang karena harus mengeluarkan biaya ekstra. 

Tetapi kondisi tersebut bisa kamu atasi dengan cara menghemat pengeluaran. Nah, artikel ini akan menjabarkan berbagai trik ampuh agar kamu bisa berhemat disaat harga barang pokok naik. Penasaran apa saja triknya ? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

  • Biasakan Buat Daftar Belanja 

Trik pertama yang ampuh untuk menghemat pengeluaran yaitu dengan membuat daftar belanja. Sebaiknya lakukan hal ini sebelum kamu akan pergi berbelanja. 

Tentukan barang apa saja yang akan dibeli pada saat belanja nanti. Pastikan  barang-barang tersebut memang sangat penting dan bisa dimanfaatkan untuk beberapa hari maupun satu bulan kedepan. Jadi, kamu bisa belanja seperlunya saja sehingga lebih mudah untuk menghemat pengeluaran saat harga bahan pokok sedang naik.

Dengan daftar belanja, kamu juga bisa memperkirakan berapa besar pengeluaran yang harus disiapkan untuk membeli kebutuhan tersebut. 

  • Kurangi Belanja yang Tidak Perlu

Mungkin tidak sekali saja kamu pernah membeli barang yang tidak begitu penting. Kebiasaan ini jika diteruskan bisa menyebabkan kamu kesulitan untuk melakukan penghematan. 

Mulai sekarang hindari belanja berlebihan atau impulsif agar kamu bisa fokus memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu. Pastikan kamu tidak mudah tergiur membeli barang-barang yang memang tidak ada dalam daftar belanjaan. Jangan sampai yang pokok belum terpenuhi hanya karena kamu tertarik membeli barang lainnya yang tidak penting.

  • Buatlah Planning Menu Makan Harian

Trik ampuh selanjutnya yaitu dengan membuat perencanaan atau planning menu makan sehari-hari. Mungkin trik ini masih kurang familiar bagi sebagian masyarakat, tetapi terbukti ampuh juga untuk menghemat pengeluaran. 

Buatlah daftar menu makanan untuk beberapa hari kedepan agar kamu tahu bahan apa saja yang harus dibeli. Dengan menerapkan cara ini, semua bahan yang dibeli benar-benar bisa terpakai. Sehingga kecil kemungkinannya hanya akan berakhir dibuang. 

Selain itu, saat kamu ingin menyiasati kenaikan dengan beralih ke bahan lain yang lebih murah, tentu akan lebih mudah jika membuat menu makanan. Kamu bisa membuat menu yang bervariasi setiap harinya dan mengurangi bahan-bahan yang harganya sedang tinggi.

  • Memantau Harga 

Pantau harga bahan-bahan pokok secara rutin sebelum kamu berbelanja. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan barang dengan harga yang murah. Bandingkan harga barang yang ingin dibeli dari satu toko dengan toko lainnya. 

Kamu bisa memperoleh informasi harga secara online melalui website supermarket maupun situs belanja online. Dengan memantau harga dan membandingkannya terlebih dahulu, maka kamu bisa memilih harga terbaik untuk tiap item yang akan dibeli. 

  • Berburu Diskon 

Berburu diskon adalah trik selanjutnya yang harus kamu coba. Cari tahu toko mana saja yang sedang menawarkan berbagai promo menarik pada beberapa kebutuhan pokok. Kamu bisa melakukan survei harga terlebih dahulu ke beberapa toko. 

Dengan memanfaatkan diskon, kamu bisa menghemat anggaran belanja. Sehingga sisa anggaran belanja bisa dialihkan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Misalnya untuk ditabung atau diinvestasikan sebagai persiapan masa depan. 

Maka dari itu, pilih waktu yang tepat untuk berbelanja dan jangan sampai kamu melewatkan diskon. Karena biasanya diskon hanya diberlakukan selama beberapa waktu saja. 

  • Simpan Bahan Makanan Dengan Tepat 

Meskipun sudah berhasil menerapkan kelima cara sebelumnya, tetapi kamu juga tetap harus mencoba cara berikut ini. Bahan makanan yang tidak disimpan dengan baik rentan basi atau membusuk dan pada akhirnya hanya akan menjadi sampah. 

Padahal, seharusnya bahan-bahan tersebut bisa diolah untuk beberapa hari kedepan. Kamu bisa gunakan berbagai cara untuk membuat bahan-bahan makanan menjadi lebih tahan lama. Contohnya, simpanlah daging-dagingan ke dalam freezer. Untuk bahan pokok telur, hindari menaruhnya pada pintu kulkas. Taruhlah di bagian dalam kulkas sehingga telur bisa lebih awet. 

Jika bahan makanan terbuang, kamu harus membelinya lagi. Alih-alih ingin menghemat pengeluaran, kamu justru harus mengeluarkan biaya tambahan untuk belanja bahan serupa. 

Nah, itulah tadi 6 trik ampuh untuk menghemat pengeluaran dikala harga bahan pokok sedang mengalami kenaikan. Kondisi seperti ini memang tidak bisa kamu kendalikan. Maka dari itu, kamu harus mulai belajar mengatur pengeluaran sebagai langkah antisipasi.