Trik Mudah Atur Uang Gaji Bulanan

atur gaji bulanan

Sangat menyenangkan ketika kita bisa menikmati uang penghasilan dari jerih payah kita sendiri. Bagi para pekerja, hari dimana gaji diterima adalah hari yang sangat menyenangkan. Merasa mendadak kaya dalam sehari. Walaupun demikian, banyak juga yang merasa gaji cuma sekedar numpang lewat karena banyaknya tagihan yang harus dibayar ketika waktu gajian tiba. 

Dengan gaji yang pas-pasan, kita harus pintar dalam mengatur gaji tersebut agar bisa mencukupi kebutuhan dalam satu bulan. Tanpa system management keuangan yang baik, kita bisa jatuh kedalam jurang hutang yang malah akan semakin membebani finansial kita kedepannya. Lalu bagaimana cara membagi uang gaji dengan baik? Berikut adalah tips cara membagi uang gaji yang bisa dicoba.

cara membagi uang gaji

  • Tetapkan anggaran bulanan

Sebelum membagi uang gaji yang kita terima, tetapkan dulu anggaran rutin yang harus dikeluarkan pada tiap bulannya. Buat list anggaran wajib yang memang harus dibayar ataupun dibeli. Pisahkan antara yang wajib dan yang tidak agar bisa memperkirakan jumlah pengeluaran. 

  • Membagi dalam prosentase

Setelah melihat perkiraan anggaran, kita bisa membagi uang gaji kita menjadi tiga dengan besaran yang berbeda. Pembagiannya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kebutuhan pokok

Sebagai penyedot dana terbesar, kebutuhan pokok adalah anggaran wajib yang harus kita keluarkan setiap bulannya. 

  • Kebutuhan pribadi

Kebutuhan pribadi adalah dana yang harus kita keluarkan untuk kebutuhan sehari-hari. Dana ini mencakup transportasi, uang makan, ataupun kebutuhan personal lain seperti self reward ataupun sekedar membeli sesuatu yang diinginkan. Walaupun kita sudah menetapkan besaran yang digunakan untuk kebutuhan pribadi, kita harus bijak dalam menggunakannya agar tidak mengganggu anggaran lain. 

  • Tabungan atau dana darurat

Kita juga harus menyiapkan dana untuk menabung sebagai investasi masa depan ataupun sebagai dana darurat yang bisa kita kita pakai untuk keperluan yang mendesak. Tabungan inilah yang kadang dilupakan dan sering terjadi seseorang lebih mementingkan kebutuhan pribadi dibandingkan menabung. Padahal menabung sangat penting dilakukan selain untuk menyokong keuangan di masa depan, uang tabungan bisa menyelamatkan kita dari jerat hutang ketika ada kebutuhan yang sangat mendesak di hari depan.

Pastikan pembagian ari ketiga pos keuangan tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Biasanya uang gaji dibagi dalam prosentase 50-30-20. 50% digunakan untuk mencukupi semua kebutuhan pokok, 30% dialokasikan untuk kebutuhan pribadi dan 20% masuk ke tabungan untuk menunjang masa depan.

  • Langsung alokasikan pembagian setelah menerima gaji

Penting untuk mendisiplinkan diri membagi alokasi uang dulu ketika kita menerima gaji. Jangan menunda pembagian alokasi untuk menghindari keinginan membeli ini dan itu yang sangat mungkin mengganggu kestabilan finansial karena jumlah uang akan jadi berkurang sebelum dibagi untuk mengisi pos-pos yang sudah ditetapkan.

  • Catat semua pengeluaran

Sebagai pengingat dan juga pertimbangan pengeluaran kedepannya, catat semua pengeluaran yang sudah dilakukan. Hal ini penting dilakukan sebagai pertimbangan anggaran di bulan-bulan berikutnya. Tetapkan juga anggaran pengeluaran mingguan untuk mempermudah mengatur uang yang harus keluar setiap harinya. 

  • Hindari membeli barang yang tidak penting

Walaupun kita mempunyai anggaran yang bisa dilakukan untuk self reward dan bersenang-senang, hindarilah untuk membeli barang yang tidak penting terutama bila barang itu harus kita beli dengan kredit. Menabunglah apabila menginginkan sesuatu yang harganya lebih dari anggaran yang sudah ditetapkan agar tidak menambah beban pengeluaran yang sudah ada. 

  • Disiplin dengan anggaran

Jangan mengambil uang dari pos lain hanya untuk menambah dana demi kebutuhan pribadi. Kita harus disiplin dalam mengalokasikan dana din setiap kegiatan yang kita lakukan. Apabila kita ceroboh dalam mengatur uang di setiap posnya, hal itu akan menyebabkan beban keuangan tambahan di kedepannya apalagi yang kita gunakan adalah dari pos kebutuhan pokok yang sudah wajib dibayarkan tepat waktu. 

  • Menabung dan investasi

Kita harus menyadari pentingnya menabung untuk masa depan terlebih lagi di saat masih produktif dalam menghasilkan uang. Dengan menabung, kita bisa mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Hal itu akan menjadi lebih baik apabila kita bisa menginvestasikan uang kita untuk menunjang masa depan yang lebih baik. Kita bisa menginvestasikan uang kita untuk mendapatkan keuntungan lebih jangka panjang. Pilihlah instrumen investasi yang dirasa paling aman dan menguntungkan dan jangan tergiur dengan keuntungan besar yang belum pasti bisa kita dapatkan.

  • Hindarilah kredit

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh kredit, kita harus menyadari kalau kredit bisa menambah beban finansial bulanan yang harus ditanggung kedepannya. Sebisa mungkin hindarilah untuk membeli sesuatu dengan kredit. Pertimbangkan dulu apakah barang itu sangat urgent untuk dimiliki atau tidak. Pertimbangkan juga kondisi keuangan kita apakah masih mampu apabila ditambah kredit setiap bulannya. Apabila kebutuhan tersebut masih bisa ditunda, menabunglah untuk membeli barang tersebut ketimbang harus membebani diri dengan kredit.