Tujuan Berinvestasi dengan Reksadana

tujuan investasi reksadana

Reksadana merupakan salah satu jenis investasi dengan sistem pengumpulan dana milik Anda serta para investor lain yang nantinya akan dikelola menggunakan berbagai instrumen, seperti obligasi, saham dan lain sebagainya. Cara reksadana dalam bekerja, yaitu dengan menyerahkan uang milik Anda atau investor lain kepada MI atau Manajer Investasi untuk dikelola.

Investasi sangat berkaitan erat dengan bisnis, tetapi diluar itu banyak juga yang tidak memiliki ikatan bisnis. kemudian juga banyak investasi yang non bisnis dimana belakangan ini diminati oleh hampir semua orang dengan tujuan untuk meningkatkan nilai dari aset yang mereka miliki.

Tujuan Investasi

Kebanyakan orang sebenarnya ingin berinvestasi bukan karena supaya cepat kaya, namun agar memiliki tabungan di masa mendatang. Karena sebetulnya ketika Anda memutuskan berinvestasi pada instrumen apapun, hal paling penting yang harus dimiliki adalah kesabaran serta komitmen.

Karena saat pasar berfluktuasi, disitu kesabaran Anda akan diuji. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat berinvestasi untuk jangka pendek, bahkan telah banyak juga jenis investasi jangka pendek yang memberikan keuntungan sama besarnya dengan jangka panjang.

Berikut di bawah adalah beberapa alasan para investor memilih untuk berinvestasi :

1. Memperoleh penghasilan tetap

Hal pertama yang membuat banyak orang memilih untuk berinvestasi adalah agar mereka memperoleh penghasilan tetap atau bisa dikatakan sebagai passive income. Contohnya Anda sebagai seorang investor memilih untuk menjadi penanam modal pada satu perusahaan A yang bergerak pada bidang kosmetik dan akan menerima keuntungan setiap bulan.

Dimana keuntungan tersebut berasal dari hasil mereka menjual produk-produk kosmetik. Besaran keuntungan yang diberikan kepada Anda tentu saja bergantung dengan kesepakatan antara Anda dan pihak perusahaan.

2. Mengembangkan usaha

Tidak hanya akan memperoleh penghasilan serta keuntungan saja, dengan berinvestasi Anda juga bisa mengembangkan bisnis yang sekarang sedang dirintis. Karena laba dari investasi tersebut, bisa Anda manfaatkan untuk menjadi modal pada bisnis pribadi. Jadi, mengapa Anda tidak mencoba untuk berinvestasi?

3. Jaminan dalam berbisnis

Bila Anda memilih untuk menanamkan sejumlah modal kepada pihak supplier tempat Anda mengambil bahan baku, kemungkinan besar tempat tersebut tidak akan kekurangan pasokan. Dengan begitu, harga produk yang Anda jual bisa bersaing dengan pesaing lainnya.

Hal ini disebabkan karena bahan baku tersebut Anda dapatkan dalam harga yang murah, namun tetap dengan kualitas terbaik. Bahkan selain keuntungan tersebut, Anda masih akan memperoleh pendapatan lainnya dari investasi yang dilakukan.

Manfaat Investasi 

Selain tujuan investasi yang dijelaskan sebelumnya, investasi juga memiliki banyak manfaat bagi Anda selaku investor. Banyak orang mulai berinvestasi untuk mendapat keuntungan dan memperluas bisnis.

1. Investasi reksadana untuk masa depan

Dengan Anda memutuskan untuk berinvestasi sedini mungkin, tentunya untuk mendapatkan hidup yang lebih di masa mendatang. Contohnya Anda dapat memilih investasi pada emas, dimana instrumen ini memiliki resiko rendah serta nilai yang cenderung naik setiap tahunnya. Pastinya sangat cocok bila dijadikan tabungan masa depan.

2. Hidup hemat

Seseorang yang pada akhirnya memilih untuk berinvestasi, biasanya adalah mereka yang ingin belajar untuk bisa hidup hemat. Apalagi bila telah mengetahui manfaat yang bisa didapatkan untuk masa depan.

3. Menghindari utang

Siapa sangka dengan Anda berinvestasi reksadana, dapat membantu untuk terhindar dari hutang. Mengapa demikian? Karena mereka yang berpikiran untuk menanamkan modalnya biasanya memiliki gaya hidup yang sederhana. Jadi lebih memilih untuk menabung dan hidup berhemat guna memperbaiki finansial mereka.

4. Bentuk investasi

Pada umumnya memang tujuan para investor berinvestasi adalah supaya dapat mengembangkan aset yang mereka miliki, dimana investasi in dibagi menjadi dua jenis, yaitu aktiva finansial dan riil. Untuk penjelasannya, silahkan simak poin di bawah ini :

  • Aktiva riil

Merupakan investasi yang biasanya dilakukan oleh satu pihak atau seseorang berupa yang terlihat dan tidak terlihat. Misalnya seperti investasi emas, logam mulia, tanah, properti dan sebagainya.

  • Aktiva finansial

Merupakan jenis investasi yang biasanya dilakukan oleh para investor dalam berupa sekuritas. Misalnya seperti obligasi, deposito dan saham..

Keunggulan reksadana

Apa keuntungan berinvestasi reksadana? Silahkan simak poin di bawah ini :

  • Investasi terjangkau, setoran awal Rp 100.000.
  • Kebebasan dalam mengoptimalkan hasil dari investasi sesuai situasi.
  • Potensi keuntungan akan seiring dengan perkembangan dari nilai aktiva bersih.
  • Efisiensi waktu, dimana Anda tidak perlu menganalisa administrasi dan investasi.
  • Keuntungan dalam perpajakan serta pengembalian investasi bukanlah objek.
  • Dapat mencairkan dana sewaktu-waktu di hari bursa.
  • Pengelolaan secara profesional oleh MI yang mempunyai keahlian serta pengalaman.

Demikianlah informasi mengenai tujuan dari berinvestasi reksadana, manfaat yang bisa Anda rasakan hingga keunggulan dari investasi reksadana. Ingatlah selalu untuk memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan Anda.