Tujuan Dibuatnya Perencanaan Bisnis

pentingnya rencana bisnis

Business plan atau rencana bisnis merupakan pernyataan tertulis dan formal yang berisi tujuan-tujuan dibangunnya sebuah bisnis serta cara untuk mencapai target yang telah dirancang. Karena pada kenyataannya banyak pengusaha yang gagal dalam proses pembuatannya.

Padahal dalam business plan tersebut, nantinya akan ada target-target yang menjadi tujuan dan harus dicapai. Dimana hal itu nantinya dapat membantu Anda untuk melakukan evaluasi hasil kerja serta kinerja sebuah bisnis. karena Anda harus mengetahui apa saja tujuan dan manfaat dari sebuah rencana bisnis.

Tujuan dibuatnya perencanaan bisnis

Business plan sengaja dibuat untuk suatu tujuan, yaitu menjawab sebuah pertanyaan seperti :

  • Apa yang harus Anda lakukan?
  • Kemana tujuan Anda?
  • Bagaimana caranya supaya bisa sampai tujuan tersebut?

Berikut di bawah adalah jawaban dari semua pertanyaan di atas :

Sebagai Rencana Langkah Awal

Mempersiapkan secara matang sebuah perencanaan bisnis merupakan tindakan penting yang harus dilakukan. Karena dengan begitu Anda akan terbantu dalam menyelesaikan permasalahan yang terlihat rumit di awal menjadi hal-hal kecil dan menjadi lebih mudah untuk diselesaikan. Dengan Anda bisa menyelesaikan satu persatu masalah kecil tersebut maka secara tidak langsung. 

Masalah yang besar sudah pasti akan terselesaikan. Proses untuk memulai sebuah bisnis memang terlihat rumit dan menakutkan karena banyak terlihat resiko-resiko yang mungkin terjadi. Karena itulah Anda harus membuat business plan, dengan begitu Anda bisa mengatasi perasaan takut akan kerumitan dari membangun sebuah bisnis.

Sebagai Roadmap

Apabila bisnis Anda telah berjalan pun, jangan sampai melupakan tentang perencanaan yang sebelumnya telah dibuat karena pastinya akan berguna. Business plan ini memiliki fungsi seperti peta, hanya bedanya peta ini agar membuat Anda lebih mudah menjalankan bisnis.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak akan mungkin bisa menghindari masalah serta rintangan yang bisa saja muncul di masa mendatang. Anda harus menghadapi semua itu agar bisnis dapat terus berjalan.

Jika Anda tidak memiliki rencana matang saat akan menjalankan bisnis, bisa saja menjadi kehilangan arah dan membuat bisnis tersebut menjadi terpuruk, kemudian hancur. Selain itu dengan adanya perencanaan usaha, Anda akan terhubung dan membantu banyak orang.

Sebagai Sarana Penjualan

Tidak hanya sebagai langkah awal dan roadmap pada bisnis, business plan juga bisa menjadi sarana penjualan. Maksudnya adalah untuk mencari modal agar usaha menjadi semakin berkembang. Anda bisa memanfaatkannya guna meyakinkan para calon investor supaya mau berinvestasi pada bisnis yang Anda miliki.

Dimana nantinya para investor tersebut akan memperoleh keuntungan dari dana mereka yang telah diinvestasikan pada bisnis Anda. Tentunya semua itu hanya bisa dilihat melalui perencanaan usaha yang telah dibuat. Karenanya, rancanglah business plan Anda secara mendetail dan baik, supaya para investor menjadi yakin dan mau memberikan modal.

Manfaat dari pembuatan business plan

Tujuan dari bisnis menjadi jelas

Seperti yang Anda ketahui, bila sebuah bisnis yang baru akan dirintis atau telah berjalan tidaklah dapat berkembang dengan mudah tanpa adanya business plan yang jelas. Nah, dengan Anda menyusun perencanaan usaha ini, akan lebih mudah dan terarah dalam mencapai target.

Memprioritaskan yang dibutuhkan

Dalam pembuatan perencanaan usaha, Anda akan belajar untuk bisa menentukan mana yang menjadi prioritas pada bisnis. hal-hal penting pada sebuah bisnis itu seperti perkembangan usaha, kesehatan arus keuangan, serta manajemen bisnis.

Dengan menerapkan prioritas tersebut memang tidak mudah dan tidak bisa dianggap sepele, namun sangatlah penting. Karena bila Anda bisa fokus pada hal utama itu yang telah ditetapkan sejak awal, nantinya usaha tersebut akan mudah berkembang dengan pesat.

Meminimalisir kegagalan

Ketika Anda mulai membuat sebuah perencanaan usaha, pastinya dibarengi dengan berbagai persiapan lainnya dengan profesional. Dari business plan tersebut Anda akan dapat mengetahui kendala apa saja yang bisa muncul dan menghambat perkembangan bisnis.

Dari situ tentunya akan muncul banyak pertimbangan akan dampak masalah-masalah yang bisa saja datang. Nah, dengan adanya business plan Anda bisa segera mencari cara untuk mengatasi permasalahan. Itulah mengapa perencanaan usaha dianggap bisa mengurangi terjadinya resiko pada sebuah bisnis.

Sebagai sebuah gambaran masa depan

Ada yang bilang jika business plan merupakan gambaran masa depan dari bisnis yang Anda rintis. Dari sana dapat dilihat secara gamblang tentang :

  • Perkembangan dari bisnis
  • Resiko yang terjadi pada bisnis
  • Serta kemungkinan-kemungkinan lain yang dapat terjadi
  • Penyelesaian masalah

Karenanya, apabila Anda merasa bingung dalam merancang business plan ini. Tidak ada salahnya untuk menggunakan tenaga ahli dalam hal perencanaan strategi usaha.

Mencari investor

Ketika Anda telah memiliki perencanaan usaha dan dibuat dengan mendetail, maka Anda bisa mengetahui banyak informasi dengan akurat yang berkaitan pada modal usaha. Business plan dapat Anda gunakan untuk mencari investor yang bersedia membantu dalam hal pengembangan bisnis.