Tujuan Investasi, Keuntungan, dan Cara Memulainya

tujuan investasi

Berinvestasi sekarang ini memang sangat diperlukan. Di mana memang ada tujuan dari investasi beserta dengan keuntungannya yang akan didapatkan. Secara garis besar, investasi adalah menanamkan sejumlah modal untuk tercapainya keuntungan. Tapi sebenarnya apa saja tujuan investasi, lalu bagaimana keuntungan yang didapatkan serta bagaimana cara memulainya? Simak terus artikel yang satu ini. 

Tujuan Investasi Menurut Para Ahli 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa investasi adalah sebuah penanaman modal untuk mendapatkan keuntungan. Tapi kenyataannya, investasi sendiri mempunyai banyak tujuan. Berikut ini adalah penjelasan beberapa tujuan dari investasi yang dikemukakan oleh para ahli: 

  • D. Agus Harjito dan Martono 

Menurut dari kedua ahli tersebut, tujuan investasi merupakan penanaman dana pada sebuah perusahaan untuk suatu aset atau juga aktiva, di mana diharapkan penanaman dana ini mendapatkan keuntungan di masa depan. 

  • Tandelilin 

Sedangkan menurut Tandelilin, tujuan dari investasi adalah di mana seorang investor membeli beberapa saham pada saat ini dengan harapan akan mendapatkan keuntungan ketika saham mengalami kenaikan di masa depan. Di mana kenaikan ini dijadikan imblan akan resiko waktu akan saham tersebut. 

  • Sunariyah 

Bagi ahli yang satu ini, investasi merupakan penanaman modal pada satu atau beberapa perusahaan, yang biasanya berjangka dalam waktu tertentu. Di mana nantinya diharapkan akan datang keuntungan di masa depan. 

  • Sutha 

Tujuan dari investasi menurut Sutha merupakan penempatan dana pada sebuah perusahaan ataupun lainnya dengan harapan untuk memelihara, menaikan nilai serta mendapatkan hasil lebih di masa depan. 

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa investasi merupakan sebuah penanaman sejumlah dana pada sebuah instrumen yang nantinya akan memberikan keuntungan dalam jangka waktu lama atau masa depan. 

Keuntungan Investasi

tujuan investasi 

Dengan ada sebuah tujuan dari investasi ini, maka terlihat bahwa akhir investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Lalu, apa saja keuntungan yang akan didapatkan dari investasi ini. Berikut ini adalah keuntungannya: 

  • Terhindar akan hutang 

Keuntungan dari berinvestasi sendiri adalah agar Anda terhindar dari hutang. Terkadang ketika bekerja dan mendapatkan gaji, kita sering tergoda untuk membeli barang-barang yang sekiranya tidak ada hubungannya dengan kebutuhan. Perilaku konsumtif inilah yang terkadang menjebak Anda dalam hutang. 

Dengan mengalokasikan dana ke investasi, maka Anda akan terhindar dari membeli barang-barang tersebut. Sehingga tidak akan ada hutang konsumtif yang terkadang menjadikan Anda lupa diri. 

  • Terlindung dari inflasi 

Keuntungan dari investasi yang selanjutnya adalah kekayaan Anda akan terlindung dari inflasi. Seperti yang Anda ketahui, bahwa inflasi adalah hal yang paling banyak mempengaruhi perekonomian masyarakat. Di mana dengan menginvestasikan sejumlah dana, maka Anda akan terhindar dari inflasi yang terjadi sehingga kekayaan pun tetap dalam jumlah tetap atau bahkan bertahan. 

  • Kekayaan meningkat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa investasi pada instrument tertentu dalam jangka waktu tertentu akan memberikan keuntungan dari kenaikan sebuah instrument investasi tersebut. Maka dari pada itu, sudah pasti Anda akan mampu meningkatkan kekayaan dalam jangka waktu tertentu. 

  • Memenuhi kebutuhan

Keuntungan lainnya yang akan didapatkan dari sebuah investasi adalah mampu memenuhi kebutuhan Anda di masa depan. Mengapa demikian? Seperti yang sudah dibahas bahwa investasi ini ditujukan untuk mendapatkan keuntungan. Di mana adanya keuntungan tersebut, maka Anda bisa memenuhi kebutuhan baik itu untuk jangka panjang ataupun jangka pendek. 

  • Perencanaan keuangan 

Merencanakan keuangan untuk masa depan adalah hal yang penting sekali. Di mana investasi ini adalah salah satu perencanaan keuangan yang tentu saja sangat tepat. Apalagi jika instrument investasi terus mengalami kenaikan yang signifikan. Sehingga keuangan Anda pun akan terencana dengan sangat baik. 

Cara Memulai Investasi

Setelah melihat beberapa keuntungan yang akan didapatkan dari investasi ini, maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara memulai investasi ini. Berikut ini adalah caranya: 

  • Mencari jenis investasi yang tepat

Investasi sendiri banyak sekali jenisnya, di mana sebelum Anda memulai investasi harus mengetahui pilihan investasi apa yang tepat. Jika ingin mendapatkan keuntungan besar dari sebuah investasi, maka Anda bisa memilih jenis investasi seperti saham. Namun, jenis investasi ini sendiri memiliki resiko yang besar. Apabila Anda masih pemula dan tidak ingin mengalami banyak kerugian mungkin dapat memilih investasi emas yang sekiranya memang stabil dan resiko sangat rendah. 

  • Sediakan dana 

Setelah Anda tahu jenis investasi apa yang cocok dengan Anda, maka selanjutnya Anda harus menyiapkan dana yang diperlukan. Karena setiap investasi sendiri mempunyai besaran yang berbeda-beda. Sebut saja emas yang harganya dihitung per gram, sehingga Anda harus menyesuaikan dana yang sesuai dengan jumlah emas yang akan dibeli. 

  • Pelajari instrument saham yang Anda pilih 

Setiap instrumen investasi mempunyai cara kerja yang berbeda-beda, di mana sebelum Anda berinvestasi lebih baik mempelajari cara kerja instrument tersebut. Hal ini sendiri sangatlah penting agar Anda tidak mengalami kerugian yang besar di masa depan. 

Itulah penjelasan dari tujuan investasi beserta dengan keuntungan dan bagaimana cara untuk memulainya. Investasi memang sangat penting untuk Anda pikirkan, karena hal ini akan sangat membantu Anda di masa depan.