Urutan Universitas Terbaik 2021

Universitas terbaik di dunia

univ periode 2021 masih dipegang oleh Massachusetts Institute of Technology, dimana universitas tersebut berada pada peringkat teratas selama 9 kali berturut-turut.

Sementara itu ada beberapa universitas Asia juga telah menunjukkan pencapaian yang mengesankan. setidaknya ada sekitar 26 institusi pada benua tersebut yang masuk ke dalam peringkat 100 teratas dimana lebih banyak dibandingkan hasil sebelumnya.

QS World University Rankings menetapkan peringkat untuk sebuah universitas menggunakan sebanyak 6 parameter penilaian yaitu reputasi akademik, rasio fakultas/mahasiswa, reputasi penyedia kerja, situasi per fakultas, rasio mahasiswa internasional, dan rasio fakultas internasional.

biaya kuliah Universitas Terbuka

Melalui parameter penilaian tersebut, beban penilaian paling besar terdapat pada reputasi akademik yang memiliki persentase sebanyak 40 persen, kemudian diikuti parameter lainnya sebesar 20 persen. Bagi Anda yang penasaran mengenai daftar universitas terbaik di dunia pada tahun 2021, berikut beberapa kampus terbaik tersebut.

Massachusetts Institute of Technology

Universitas yang pertama yaitu Massachusetts Institute of Technology, dimana universitas tersebut berhasil untuk melanjutkan rekor dengan posisi teratas selama sembilan tahun secara berturut-turut. Kampus yang berada di Cambridge, Amerika Serikat tersebut berada pada urutan paling atas yang melampaui beberapa universitas terbaik lainnya.

MIT dikenal dengan universitas riset serta teknologi yang terkemuka dan tertua yang ada di dunia. MIT sendiri mulai berdiri pada tahun 1861 dan menjadi incaran para mahasiswa dari berbagai negara.

Stanford University

Stanford University ini berada pada urutan kedua pada daftar universitas terbaik dari QS World. Kampus swasta tersebut berlokasi di Stanford-California Amerika Serikat dan menjadi tujuan utama pada studi mahasiswa mancanegara. Stanford University berdiri pada tahun 1891 dan terkenal pada bidang perkuliahan serta riset. Dua orang pendiri Google juga merupakan alumni dari kampus tersebut yaitu Sergey Brin dan juga Larry Page.

Harvard University

Harvard University mempunyai kepopuleran paling tinggi pada reputasi dan akademik, oleh karena itu tidak salah jika kampus yang berdiri pada tahun 1636 tersebut memiliki banyak peminat. Pada QS World, universitas ini setiap tahun berada pada 10 daftar universitas terbaik di dunia.

California Institute of Technology

Pada tahun 2021 California Institute of Technology menduduki posisi keempat pada beberapa deret universitas terbaik menurut QS World. Universitas tersebut berada di Pasadena-California negara Amerika Serikat menjadi salah satu universitas yang paling terkemuka melalui sebuah riset.

Pada tahun lalu juga universitas tersebut berada pada urutan kelima dan yang di peringkat keempat yaitu University of Oxford. Pada tahun ini naik satu tingkat dan melampaui kampus yang berasal dari Inggris tersebut. kedua universitas ini saling mengejar satu sama lain untuk mendapatkan posisi teratas pada setiap tahun.

University of Oxford

University of Oxford adalah universitas asal Inggris yang menempati posisi kelima universitas terbaik di dunia pada QS World. Universitas ini juga merupakan universitas terbaik pada daratan Eropa. Selain itu juga dikarenakan memiliki reputasi bagus pada akademiknya dan mempunyai employer reputasi yang tinggi. Maka dari itu alumni dari Oxford banyak yang bekerja di beberapa perusahaan terkemuka di dunia yang sekaligus mengangkat peringkat universitas tersebut.

ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology

ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology merupaka universitas terbaik yang menduduki posisi keenam menurut QS World. Universitas yang berasal dari Swiss tersebut merupakan kampus satu-satunya yang masuk pada peringkat 10 universitas terbaik di dunia pada tahun 2021. Ilmuan yang bernama Albert Einstein juga merupakan salah satu alumni universitas tersebut.

University of Cambridge

Universitas yang juga berasal dari Inggris ini berlangganan masuk pada daftar 10 besar universitas terbaik bersama dengan University of Oxford. Pada tahun ini QS World menempatkan universitas yang berasal dari Cambridge Britania Raya berada di urutan ke tujuh. Berdiri pada tahun 1209, universitas ini menjadi kampus tertua urutan kedua di Inggris. Maka dari itu untuk persyaratan masuk ke universitas menjadi sangat ketat karena banyaknya peminat.

Imperial College London

Universitas ini berhasil berada pada peringkat kedelapan. Imperial College London merupakan salah satu perguruan tinggi riset di dunia yang ada di negara Inggris. Universitas tersebut didirikan oleh Pangeran Albert di tahun 1907 dan merupakan kampus yang menawarkan jurusan unggulan, mulai dari kedokteran, teknik, sains dan bisnis. Pada tahun sebelumnya universitas ini berada pada peringkat ke sembilan.

University of Chicago

Pada peringkat kesembila ditempati oleh University of Chicago. Universitas asal Illinois Amerika Serikat tersebut sebelumnya menduduki peringkat ke 10 dan naik satu tingkat pada tahun ini. University of Chicago dapat membuktikan diri dengan cara menjadi universitas swasta yang lolos menempati urutan 10 besar pada daftar universitas terbaik dunia.

University College London

Universitas besar yang berada di Kota London ini menempati posisi kesepuluh dalam daftar universitas terbaik dunia. Alumni dari universitas ini tersebar seantero negeri dan juga dunia. Dengan memiliki reputasi yang sangat bagus pada bidang akademik membuat universitas tersebut berada pada urutan ke sepuluh pada universitas terbaik di dunia di 2021.