Usaha Bikin Kostum Anime, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan

Anime adalah sebuah sebutan untuk karakter-karakter animasi yang berasal dari negara jepang. Karakter ini biasanya adalah seperti naruto, doraemon, samurai x, fairytale,  sword art online dan masih banyak lainnya karakter animasi Jepang yang kamu ketahui sekarang sebagai anime. Tidak sedikit juga karakter ini dijadikan inspirasi para penggemar nya untuk berkostum. 

Para pecinta anime sering sekali menggunakan kostum anime untuk event dengan kelompok jepang mereka. Bahkan bukan hanya untuk acara-acara tertentu, tetapi banyak juga anak muda yang menyukai kostum anime dengan karakter jepang favoritnya. 

Nah, apakah kamu sempat berfikir untuk menjalankan usaha bikin kostum anime? Apa aja saja sih yang harus dipersiapkan. Ini dia hal-hal yang harus kamu persiapkan untuk menjalankan usaha bikin kostum anime. 

Target Pemasaran

Hal paling pertama yang harus kamu persiapkan untuk usaha bikin kostum anime adalah menetapkan target pemasaran dengan baik. Biasanya kostum anime banyak digunakan untuk cosplay acara-acara jepang. Maka, yang menyukai kostum anime adalah para penggemar jepang. Jangan sampai kamu salah menargetkan pasar jualan kamu, ini akan membuat usaha kamu tidak berkembang. 

Misalnya, kamu tidak tahu tentang target yang akan kamu pakai untuk pemasaran, kamu malah menjual kostum anime di pasar-pasar umum. Memang ada kemungkinan terjual, tetapi akan sedikit. Sebaiknya, kamu berjualan di acara pameran yang dilaksanakan khusus para komunitas pecinta jepang. Ini akan sangat memungkinkan usaha kamu tidak akan gagal. 

Mengetahui Dunia Anime

Jika kamu bukan pecinta anime, tapi ingin bikin usaha kostum anime berarti kamu harus mempelajari dulu seluk beluk dari dunia anime. Biasanya pemesanan kostum kostum anime akan merumuskan terlebih dahulu tentang karakter yang akan mereka buat untuk desain sebuah kostum anime. Jika kamu tidak mengetahui dunia anime. 

Pasti akan kesulitan untuk melakukan sebuah transaksi penjualan untuk usaha. Jadi, mulai lah untuk belajar masuk pada dunia jepang ini. Tetapi jika kamu memang asli penggemar anime, tentu akan memudahkan dalam usaha. Tetapi, tetap saja kamu harus mengembangkan pengetahuan kamu, karena tidak akan disangka kan pelanggan kamu nantinya suka karakter anime yang seperti apa. 

Menggunakan Tempat Sablon atau Konveksi yang Terpercaya

Jika kamu tidak memiliki keahlian khusus untuk membuat kostum sendiri, kamu harus menggunakan seorang yang profesional untuk melakukannya. Kamu bisa memakai jasa konveksi baju atau sablon. Tapi, kalau kamu menggunakan keahlian sendiri, itu adalah nilai tambah juga bagi usahamu. Karena kamu tidak perlu mengeluarkan modal lebih untuk menyewa jasa profesional untuk membuat kostum anime. 

Pastikan tempat pembuatan kostum anime kamu ditanganinya oleh seorang yang kamu percaya dengan kualitas yang bagus. Dengan detail kostum anime yang lumayan rumit kamu harus mempercayakan pekerjaan ini kepada orang yang ahli. 

Menyiapkan Desain

Sebelum memulai produksi pembuatan kostum anime, kamu juga harus mempersiapkan desain yang akan kamu pakai untuk membuat kostum. Biasanya jika kostum yang sudah dipesan terlebih dulu mereka sudah menyiapkan ingin seperti apa desain yang ingin mereka pakai dalam kostum. Tetapi, jika kamu ingin membuat sebuah pameran.

Kamu bisa mencari referensi kostum dari beberapa karakter anime yang digemari banyak orang. Untuk membuat kostum anime, mudah kok untuk menyiapkan desain. Kamu hanya harus mencari referensi di internet, manga, dan hal-hal lain yang bisa kamu jadikan referensi. Selain itu, karakter animasi Jepang yang beragam ini unik dan mudah ditemui di internet. 

Menyiapkan Bahan dan Alat 

Menyiapkan bahan dan alat dalam membuat produksi pakaian adalah hal yang harus dipersiapkan dengan matang. Kualitas bahan dan kelengkapan alat yang dipakai akan menentukan juga kualitas yang akan dimiliki oleh sebuah kostum anime. Pastikan kamu memilih bahan kain yang sesuai dengan konsep desain yang dibuat, atau biasanya pelanggan yang sudah memesan juga akan meminta kamu untuk menggunakan bahan-bahan tertentu. 

Menyiapkan modal

Hal yang harus kamu persiapkan dalam memulai bisnis tentunya adalah modal. Pastikan modal yang kamu butuhkan cukup untuk memenuhi segala kebutuhan produksi. Jangan sampai, usaha mu untuk bikin kostum anime terhambat gara-gara modal yang kurang. 

Kamu bisa persiapkan modal mulai dari menentukan harga dari bahan dan alat untuk membuat kostum anime. Perhitungkan juga bayaran untuk pegawai jika usahamu akan produksi kostum anime yang banyak. 

Jika kamu memiliki modal dari hasil pinjaman, maka pastikan kamu memperhatikan cicilannya. Jangan membelikan bahan produksi yang berlebihan, sesuai kebutuhan saja. Kamu harus lebih sabar untuk mendapatkan keuntungan karena harus melunasi modal tersebut. 

Gimana nih, kamu tertarik untuk jadi pengusaha pembuatan kostum anime? Nah, itu dia apa saja yang harus kamu persiapkan untuk usaha bikin kostum anime, semoga informasi ini bermanfaat dan kamu bisa mulai usaha kamu mulai dari sekarang.