Usaha Sampingan di Rumah yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

contoh usaha rumahan

Banyak sekali ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan sendiri. Apalagi dengan kebutuhan rumah tangga yang semakin meningkat, tentu dengan membuka usaha sampingan di rumah akan membantu dalam pemenuhan kebutuhan ini. Adapun beberapa ide untuk usaha rumahan yang mungkin bisa Anda pilih. 

Ide Usaha Sampingan di Rumah 

Menjalankan bisnis rumahan sendiri memang tidaklah mudah, apalagi pilihan yang ada juga terbatas. Tapi, jika Anda bisa memilih ide yang tepat, membuka usaha di rumah bukanlah hal yang tidak mungkin. Berikut ini adalah beberapa jenis usaha rumahan yang bisa dipilih jika Anda adalah ibu rumah tangga: 

bisnis rumahan

1. Reseller 

Usaha pertama yang bisa Anda lakukan di rumah sebagai ibu rumah tangga adalah reseller. Jenis usaha ini sendiri sangatlah popular belakangan ini, apalagi jika Anda memiliki supplier barang yang terpercaya dan murah. Cara kerja reseller sendiri sangatlah mudah, di mana Anda hanya menyetock barang dagangan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. 

Pemasarannya sendiri juga tidak terlalu sulit, di mana Anda bisa menawarkan barang ke orang terdekat atau juga menggunakan platform marketplace dan e-commerce. Agar pemasaran dapat berjalan dengan lancar, maka yang perlu dilakukan adalah dengan menjual barang berkualitas dengan harga yang reasonable. 

2. Freelance writer 

Bagi Anda yang bisa menulis, menjadi freelance writer sendiri bisa menjadi pilihan bisnis rumahan yang tepat. Banyak sekali perusahaan yang mengembangkan bisnis ke ranah digital, di mana perusahaan-perusahaan tersebut membutuhkan banyak penulis untuk mengulas produk atau memperkenalkan produk yang dimiliki oleh perusahaan itu. 

Selain itu, bayaran yang diterima pun cukuplah besar dan modal yang Anda keluarkan tidaklah banyak. Hal terpenting agar klient tertarik dengan jasa Anda adalah dengan menyertakan portofolio yang bagus. Usaha modal kecil dengan menjadi penulis lepas ini termasuk sangat menjanjikan, apalagi bisa dikerjakan kapan saja. 

3. Catering 

Usaha selanjutnya yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah catering. Usaha yang satu ini sendiri cukuplah menjanjikan, apalagi banyak sekali orang yang membutuhkan. Tidak perlu membuka catering untuk acara besar, Anda bisa memulai usaha catering untuk makan siang yang target pasarnya adalah karyawan. 

Apalagi jika kemampuan masak Anda diimbangi dengan menggunakan bahan makanan yang berkualitas, contohnya adalah dengan bahan organic dan tanpa pengawet. Di mana ini akan menjadi nilai tambah untuk usaha yang dijalankan. Terlebih sekarang ini masyarakat sudah sadar pentingnya menggunakan bahan makanan yang sehat. 

4. Makeup artist 

Usaha modal kecil selanjutnya yang juga bisa dilakukan di rumah adalah make up artist. Di mana bagi Anda yang memang memiliki minat dan kemampuan dibidang kecantikan ini, ada baiknya mulai mencoba bisnis ini. Apalagi waktu yang digunakan untuk pekerjaan ini tidaklah setiap hari, karena biasanya pada akhir pekan saja yang banyak membutuhkan jasa make up. 

Anda pun juga bisa membuka kelas make up bagi masyarakat yang sekiranya membutuhkan, dengan catatan bahwa Anda juga sudah memegang lisensi yang pantas untuk menjadi seorang make up artist. Hal terpenting menjadi seorang make up artist adalah selalu memperhatikan trend yang sedang berlangsung. 

5. Bisnis kue kering 

Anda bisa membuat kue kering yang selalu menjadi primadona saat acara keluarga? Anda bisa mencoba untuk membuka bisnis kue kering. Bisnis ini sendiri sangat menjanjikan, apalagi jika masa lebaran dan natal tiba, maka banyak sekali orang yang berburu kue kering ini. Anda juga bisa berinovasi dengan membuat jenis kue kering lainnya. 

Contohnya adalah seperti sus kering ataupun cookies coklat yang disukai banyak orang. Untuk bisa memasarkan bisnis rumahan yang satu ini, ada baiknya Anda memanfaatkan koneksi seperti ke keluarga, teman dekat ataupun teman kantor pasangan Anda. Menggunakan platform seperti e-commerce dan marketplace juga akan sangat membantu sekali. 

6. Laundry 

Usaha modal kecil selanjutnya yang juga bisa Anda lakukan di rumah adalah laundry. Saat ini sendiri orang lebih banyak mencari kemudahan terutama dalam masalah mencuci pakaian ataupun sprei. Di mana ini bisa Anda manfaatkan dengan membuka laundry kiloan atau dry cleaning. Usaha ini sendiri juga terkenal dikalangan ibu-ibu yang memang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. 

Apalagi jika rumah berada di lingkungan yang memang banyak pekerja, maka bisnis ini terbilang cukup menjanjikan. Hal paling utama saat membuka usaha ini adalah Anda memberikan harga yang tidak terlalu tinggi, kecuali untuk pakaian yang memang harus membutuhkan cara pembersihan khusus. 

Itu adalah beberapa usaha sampingan di rumah yang bisa dilakukan ibu rumah tangga, di mana ide usaha yang sudah disebutkan tidak membutuhkan modal yang besar. Namun, peluang yang ada termasuk tinggi bahkan sangat menjanjikan untuk usaha jangka panjang.