Usaha Sampingan yang Bisa Dijalankan Karyawan Kantoran

usaha sampingan

Mempunyai status sebagai karyawan tidak semata-mata menjadi penghalan untuk dapat membuka usaha sampingan yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah sebagai penambah penghasilan pokok. Memulai untuk membuka usaha sampingan untuk karyawan merupakan sebuah hal yang wajar dan perusahaan juga tidak melarangnya. 

Namun, masih banyak karyawan yang terhalang oleh modal sehingga belum bisa menjalankan bisnis sampingan ini. Mungkin beberapa karyawan berpikir jika untuk memulai usaha harus mempunyai modal yang sangat besar. Tentu saja hal tersebut pikiran yang salah. Sebab untuk dapat menjalankan suatu bisnis tidak selalu memerlukan modal yang besar. Bisa juga dengan modal yang kecil, seperti berikut ini ada beberapa rekomendasi kerja sampingan untuk para karyawan yang ingin menambah penghasilan. 

1. Jualan online 

Peluang usaha yang pertama yang dengan berjualan online. Pada zaman yang serba modern dan canggih ini membuat seluruh orang selalu ingin berbelanja online sebab praktis dan mudah. Peluang tersebut dapat menjadi sebuah inspirasi untuk Anda yang ingin membuka usaha sampingan. 

Anda dapat menjual berbagai macam produk, mulai dari kosmetik, pakaian, alat rumah tangga, dan produk lainnya. Selain itu, Anda juga dapat memilih media untuk berjualan, dapat menggunakan sosial media, website maupun e-commerce. Untuk karyawan yang ingin mengeluarkan modal kecil, dapat menjadi seorang dropshipper atau reseller. 

2. Usaha laundry 

Semua orang pastinya ingin yang cepat, praktis dan tidak merepotkan, apalagi dalam hal mencuci pakaian. Hal tersebut dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha dengan membuka usaha laundry. Usaha ini tidak memerlukan modal yang besar namun dijamin Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. 

Salah satu kunci keberhasilan usaha ini yaitu terletak pada lokasinya. Anda harus bisa mencari lokasi yang dekat dengan para mahasiswa atau pekerja kantoran yang tentunya mereka memerlukan jasa ini. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan kualitas agar Anda mendapat kepercayaan dari para pelanggan. 

3. Jual kuota atau pulsa internet 

Berjualan internet atau kuota menjadi sebuah ide yang dapat Anda lakukan sebagai karyawan, sebab kuota dan pulsa telah menjadi sebuah kebutuhan pokok untuk orang-orang saat ini. Menawarkan kuota dan pulsa pun terbilang sangat mudah. Anda dapat menawarkan kepada keluarga atau teman dekat terlebih dahulu, lalu kepada teman kantor dan saudara. 

4. Jualan kue 

Apabila anggota keluarga Anda ada yang suka membuat aneka kue, hal tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai peluang usaha. Kue yang banyak diminati oleh masyarakat biasanya kue kering dan kue basah. Anda dapat membawa sedikit demi sedikit ke kantor untuk ditawarkan kepada rekan kerja. Selain itu, Anda juga dapat menerima pesanan jika ada teman yang memesan untuk sebuah acara. 

5. Jasa penerjemah 

Apabila Anda menguasai bahasa asing, maka Anda dapat menjadi seorang penerjemah untuk mengisi waktu luang saat libur bekerja dan tentunya mendapatkan banyak penghasilan dari usaha yang satu ini. Usaha ini menjadi trend sejak dahulu karena keterbatasan bahasa pada masyarakat. 

6. Jual foto di internet 

bisnis sampingan

Bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi dan mempunyai kamera yang memadai, kerja sampingan yang satu ini mungkin cocok sekali untuk Anda. Selain dapat menawarkan jasa fotografi, Anda pun dapat menjual hasil foto Anda di beberapa website penjualan foto. Anda akan mendapatkan fee untuk orang yang memakai atau membeli foto Anda via online. 

7. Usaha bingkisan (Hampers) 

Ide usaha lainnya yaitu Anda dapat mencoba untuk membuka usaha bingkisan yang banyak dipesan pada event besar. Misalnya, jika ada yang berulang tahun, syukuran dan hari raya besar. Ada banyak jenis hampers, mulai dari yang berisikan buah, kue sampai peralatan rumah tangga. Untuk memulai usaha ini, Anda harus meminta DP terlebih dahulu kepada pelanggan sebagai modal awal Anda. 

8. Usaha warkop 

Anda dapat juga membuka sebuah warung kopi sederhana ini di rumah, jika rumah dan lokasi nya strategis. Usaha warkop ini hanya membutuhkan modal yang kecil saja, sehingga tidak perlu khawatir lagi mengenai modal. Untuk keuntungan yang akan didapatkan tentunya tidak langsung besar, namun keuntungan tersebut jika dikumpulkan bisa menjadi sangat banyak dan Anda dapat membuka usaha baru juga. 

9. Desain grafis 

Apabila Anda seorang karyawan yang bekerja di bidang desain grafis, maka Anda bisa menjadi seorang freelancer. Tidak perlu diragukan lagi gaji dari seorang freelancer ini juga cukup besar. Selain itu, untuk usaha ini juga Anda tidak perlu mengeluarkan modal sedikit pun. 

10. Usaha makanan

Bisnis sampingan yang terakhir yaitu Anda bisa membuka usaha makanan, misalnya Anda menjual makan siang untuk teman sekantor. Untuk usaha ini Anda hanya perlu membuat makanan jika ada teman yang memesan saja. Selain itu, agar tidak bosan maka Anda harus membuat menu yang berbeda setiap hari nya. 

Itulah usaha sampingan yang dapat Anda coba sebagai karyawan untuk menambah penghasilan lebih banyak lagi.