Usaha Tanaman yang Menjanjikan

Bukan hanya di pedesaan, Anda yang tinggal di kawasan perkotaan juga dapat memanfaatkan tanah kecil di rumah guna untuk menjalankan bisnis pertanian. Artikel kali ni sengaja dibuat untuk mengulas sejumlah peluang bisnis dibidang pertanian yang tidak sulit dijalankan dan cepat memperoleh untung

Sekarang ini peluang bisnis pertanian semakin berkembang, dimana usaha tersebut dapat mendatangkan keuntungan yang besar sebab berhubungan langsung oleh kebutuhan paling mendasar manusia yakni memproduksi bahan makanan.

Itulah alasan mengapa peluang usaha satu ini sangat menjanjikan bahkan untuk jangka yang cukup panjang. Apabila Anda mempunyai halaman rumah yang luas atau sempit. Anda bisa membuat pekarangan rumah Anda menjadi sumber penghasilan. Nah, berikut beberapa peluang usaha tanaman yang menjanjikan untuk Anda coba.

1.       Tanaman Organik

Pertama adalah tanaman organik, dimana tanaman satu ini termasuk salah satu jenis tanaman yang bisa mendatangkan keuntungan. Sekarang tanaman organik menjadi semakin banyak penggemar khusus untuk orang-orang yang sadar dengan pola hidup sehat. Jenis tanaman organik adalah tanaman yang sama sekali tidak memakai pestisida untuk proses pembudidayaannya.

Dilihat dari hasil panen tanaman organik ini cenderung lebih segar dan mempunyai cita rasa yang jauh lebih enak. Dengan kelebihannya ini, membuat tanaman tersebut mempunyai nilai jual jauh lebih mahal daripada jenis tanaman yang non-organik, dan tanaman organik ini pun bisa dikelola dengan metode urban farming lewat sistem hidroponik.

2.       Tanaman Tomat

Tanaman satu ini sering dipakai sebagai bahan utama untuk pembuatan saus. Tomat mempunyai cita rasa yang manis dan sedikit pedas jika diolah menjadi saus, dan hal ini menjadi pilihan alternatif untuk orang-orang yang tidak begitu suka dengan saus cabai. Oleh karena itu, kondisi inilah yang membuat tingginya permintaan akan sayuran seperti tomat,dan perannya tidak kalah penting seperti cabai yang jumlah permintaannya sangat tinggi.

Pastinya tanaman tomat juga bisa menjadi salah satu peluang usaha tanaman yang juga sangat menguntungkan. Tanaman tomat pun juga bisa ditanam dengan media atau teknik penanaman hidroponik. Apabila kualitas tomat semakin bagus, maka akan semakin tinggi pula harga jual tomat di pasaran. Keunggulan yang dimiliki oleh tanaman tomat yaitu perawatannya terbilang muda serta memberi hasil panen yang berlimpah.

3.       Tanaman Cabai

Semua orang pasti setuju bahwa cabai adalah salah satu bahan pangan yang selalu melekat bagi masyarakat khususnya di Indonesia. Hal ini berbanding lurus dengan karakteristik rakyat Indonesia pada umumnya, yang mana orang Indonesia banyak yang suka dengan hidangan atau makanan yang pedas. Tidak hanya itu, budaya lokal pun cukup memberi pengaruh terhadap hadirnya bumbu serta pelengkap masakan, dan cabai adalah salah satu bahan yang dicampurkan ke dalam hidangan tersebut.

Melihat fakta diatas, bisa disimpulkan bahwa tanaman cabai merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Walau harga jual cabai kadang mengalami kenaikan atau bahkan turun drastis pada periode tertentu. Apalagi di hari-hari besar seperti lebaran. Harga cabai dipasaran bisa melesat tinggi. Karena alasan inilah peluang bisnis tanaman cabai tergolong sangat menjanjikan untuk Anda lakukan.

4.       Tanaman Kol

Berikutnya ada tanaman kol yang juga masuk ke dalam peluang bisnis tanaman menjanjikan. Sayur kol mempunyai daya tariknya sendiri, dimana sayur kol mempunyai rasa yang manis serta renyah. Sangat cocok dijadikan sebagai salah satu sayur pelengkap hidangan. Beberapa jenis masakan yang sering memakai sayur kol sebagai pelengkapnya antara lain, pecel lele, nasi goreng, tongseng, pecel ayam dan berbagai masakan lainnya

Umumnya sayur kol ini sangat diminati oleh pedagang makanan. Disamping itu, harga dari sayur kol sendiri tergolong stabil jika dibandingkan oleh jenis tanaman lain seperti tomat dan cabai. Soal perawatannya pun sangat mudah, dan bisa dilakukan oleh siapapun. Membudidayakan tanaman ini juga tidak membutuhkan ilmu atau wawasan yang luas karena bisa dilakukan dengan cara sederhana. Jadi, bagi Anda yang ingin menjalankan usaha tanaman, mungkin Anda bisa mencoba untuk memulainya dengan membudidayakan tanaman kol.

5.       Tanaman Bawang

Tanaman bawang adalah bumbu pelengkap paling sering digunakan untuk berbagai jenis hidangan serta olahan makanan. Maka wajar bila tanaman bawang entah itu bawang putih atau bawang merah, menjadi salah satu sayur primadona bagi petani di Indonesia. Bawang selalu dicari oleh semua orang, dan permintaan pasar juga begitu tinggi, hal ini membuat bawang sangat cocok untuk dijadikan salah satu opsi usaha tanaman yang menjanjikan.

Harus Anda ketahui juga ketika menanam bawang, perlu lahan yang luas. Setidaknya Anda harus menyiapkan modal untuk menyewa dan membuka lahan. Untuk ini Anda jangan khawatir, sebab hasil dari menanam bawang bisa memberi Anda keuntungan yang besar. Jadi bukan sekedar mengembalikan modal saja, Anda pun akan merasakan keuntungan berlimpah.