Youtuber Dengan Penghasilan Tertinggi Di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna YouTube terbanyak. Bahkan menurut data yang ada negara Indonesia mempunyai 600 orang YouTuber yang subscribernya mencapai angka 1 juta. Lalu siapa sajakah YouTuber besar dengan jumlah pengikut terbesar berserta penghasilannya.

Youtuber Indonesia Dengan Penghasilan Tertinggi

Di Indonesia ada beberapa orang YouTuber yang pastinya sudah sangat Anda kenal, diantaranya Ria Ricis, Atta Halilintar, Raffi Ahmad, Tobias Justin dan masih banyak lagi. Kira-kira berapa gaji yang mereka peroleh hanya dari YouTube?

  • Ricis Official

Ria Ricis merupakan seorang YouTuber wanita paling terkenal dan pastinya mempunyai subscriber paling banyak di Indonesia. Ricis Official adalah nama channer miliknya, dengan jumlah subscribernya yang mencapai 29,6 juta dan total view 4,8 miliar.

Ria Ricis mampu menghasilkan uang sebesar 110 miliar rupiah per tahunnya. Berarti perbulannya Ricis bisa mengantongi sekitar 9 miliar rupiah, tentunya ini merupakan sebuah penghasilan yang sangat spektakuler sebagai anak muda.

  • AH

Suami dari Aurel Hermansyah, yaitu Atta Halilintar memang sudah dikenal sebagai YouTuber sukses bersaing dengan Ria Ricis. Dengan nama channelnya AH, Atta mempunyai subscriber 29,5 juta, total viewersnya sendiri telah mencapai 3,8 miliar dan berpenghasilan hingga 4,34 miliar rupiah per bulan.

  • Jess No Limit

Tobias Justin merupakan seorang mantan profesional player sebuag game yang bernama Mobile Legens, mempunyai satu akun YouTube resmi dengan nama Jess No Limit, memiliki jumlah subscriber sebanyak 24,1 juta.

Dengan total viewersnya yang mencapai 2,8 miliar membuatnya bisa mengantongi gaji bulanan dari YouTube sebesar 40 miliar dalam setahun.

  • RANS Entertaiment

Untuk channel yang satu ini adalah milik presenter terkenal Indonesia, Raffi Ahmad. Memiliki subscriber sebanyak 22,8 juta, total dari viewersnya 5 miliar serta penghasilan per bulannya bisa menyentuh angka 11,07 miliar rupiah.

  • Trans7 Official

Sebagaimana namanya, channel YouTube ini adalah akun resmi milik stasiun televisi favorite banyak orang Trans7, dengan jumlah subcribernya sebanyak 21,8 juta dan total dari viewersnya 11,4 miliar, penghasilannya yang mereka peroleh dalam sebulan bisa mencapai 11,01 miliar rupiah.

Sumber dana YouTuber sebenarnya berasal dari mana?

Anda pastinya bertanya-tanya. Kok hanya mengupload video saja mereka bisa mendapatkan uang sebanyak itu, bahkan hingga miliaran rupiah? Sebenarnya dari mana pundi-pundi uang tersebut diperoleh?

Berikut ini adalah asal pendapatan mereka :

YouTube AdSense

Youtube AdSense adalah sumber penghasilan utama dari para YoutTuber dimana YouTube Ads ini berupa sebuah program pengiklanan dan memungkinkan Anda memperoleh komisi dari pemasangan iklan yang ditampilkan pada channel milik Anda.

Komisi yang akan diberikan tersebut nantinya harus dihitung berdasarkan berapa banyak penonton video YouTube Anda yang tidak melewati atau skip ad iklan tersebut. Tentunya ini juga ada persyaratannya, misalnya seperti channel YouTube Anda sudah memenuhi ketentuan, yakni berhasil mencapai 4 ribu jam tayang dalam waktu 1 tahun, kemudian mempunyai subscriber sebanyak 1000 juga telah terhubung oleh Google AdSense.

Affiliate Marketing

Selanjutnya adalah dengan cara mengikuti program affiliate atau afiliasi marketing. Ini merupakan sebuah program yang akan memungkinkan pelakunya memperoleh komisi jika berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan sebuah produk.

Komisi tersebut nantinya akan berbeda-beda perolehannya tergantung degan kebijakan brand atau perusahaan yang diikuti. Contohnya Amazon, mereka menawarkan komisi sampai dengan 10% untuk para afiliatornya.

Jika sudah mendaftar pada program afiliasi, maka akan memperoleh kode referral yang bisa digunakan untuk mempromosikan channel YouTube Anda. Nantinya jika ada pelanggan yang membeli akhirnya membeli produk menggunakan kode tersebut, maka Anda akan berhak mendapatkan komisi.

Endorsement

Pastinya Anda sudah tidak merasa asing dengan sebuah istilah, yaitu endorsement. Dimana ini biasanya dilakukan oleh para pemilik brand yang meminta tolong kepada para YouTuber atau selebgram untuk mempromosikan produk terbarunya.

Seperti misalnya Tasya Farasya yang seorang Make-up Vlogger terkenal, sudah pasti akan memperoleh banyak penawaran endorse dari brand-brand kecantikan. Atau Nex Carlos, dimana dia merupakan food vlogger yang terkadang akan diundang oleh sebuah resto untuk mereview makanan pada tempat tersebut.

Dengan mendapatkan tawaran endors inilah, para pemilik channel bisa menetapkan tarif yang tentunya berbeda. Bisa ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, semua itu tergantung dengan jumlah subcriber yang dimiliki dan engagement dari akun.

Penjualan Jasa atau Produk

Terakhir adalah melalui penjualan jasa atau produk yang mereka miliki. Misalnya YouTouber tersebut memiliki bisnis online, maka mereka bisa dengan leluasa memanfaatkan channelnya untuk mempromosikan produk/ jasa yang dimiliki.

Beberapa YouTuber Indonesia yang menggunakan cara ini seperti Keluarga Asix milik Anang Hermansyah, Atta Halilintar yang memprosikan brand fashionnya, food vlogger MgDalenaf dengan brand sambelnya dan masih banyak lagi.