Yuk, Kenalan dengan Reksadana dan Keuntungannya

keuntungan reksadana

Reksadana adalah bentuk investasi yang modal nya kecil. Pelajari tentang jenis reksadana, Keuntungan dan resikonya. Reksadana merupakan bentuk investasi untuk pemula maupun investor senior. Bagaimana bisa? Hal ini dikarenakan setoran awal dana reksadana relatif murah daripada jenis investasi lainnya. Beberapa manajer investasi siap membimbing dan mendukung investor untuk melakukan kegiatan ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika untuk berinvestasi disini. 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca ulasan berikut hingga akhir. Ada ulasan lengkap tentang berinvestasi di reksadana, mulai dari caranya hingga tips mendapatkan keuntungan dengan maksimal.

Pengertian reksadana 

Reksadana merupakan kumpulan dana investor yang dioperasikan langsung oleh manajer investasi dari instrumen seperti obligasi dan pasar saham. Saat Anda mendapat untung, uang itu dibagi berdasarkan jumlah reksadana yang telah Anda beli.

Jenis-jenis dari reksadana 

1. Saham 

Dana yang sudah Anda masukkan akan diinvestasikan ke efek saham yang sangat menguntungkan menurut perhitungan dari manajer investasi. Reksadana tersebut sesuai sebagai investasi jangka panjang selama 5 tahun. 

2. Reksadana campuran 

Sama dengan namanya, reksadana campuran merupakan investasi yang dananya dialokasikan ke berbagai instrumen. Yang berarti, manajer investasi dapat menginvestasikannya ke efek saham, surat utang, obligasi, deposito dan lainnya. Jangka waktu yang tepat untuk berinvestasi ini yaitu selama 3 hingga 5 tahun. 

3. Reksadana pendapatan tetap 

Apabila Anda ingin memilih reksadana ini, uang Anda akan diinvestasikan ke instrumen yang berbentuk hutang, misalnya surat hutang dan obligasi. Investasi yang satu ini dapat Anda gunakan untuk jangka menengah sekitar 2 hingga 3 tahun.

4. Pasar uang 

Investasi reksadana ini berisi obligasi atau uang tunai yang akan jatuh tempo. Keuntungannya di atas deposit. Pasar uang adalah reksadana teraman dari yang lainnya sebab resikonya yang sangat rendah. Keperluan investasi jangka pendek kurang dari setahun cocok sekali memilih reksadana ini. Rencana jangka panjang misalnya dana pensiun kurang tepat untuk menggunakan pasar uang sebab reksa dana  tidak bekerja secara optimal. 

5. Reksadana syariah 

Reksa dana syariah, seperti reksa dana tradisional, tetapi dananya dialokasikan ke produk yang menerapkan prinsip syariah. Oleh karena itu, untuk umat Islam yang tidak menggunakan sistem suku bunga, opsi ini dapat menjadi solusi.

6. Reksadana penyertaan terbatas

Pada investasi ini, manajer investasi akan menghimpun dana dari investor dan mengalokasikannya ke Bursa Efek Indonesia (BEI). 

7. Efek beragun aset 

Ini adalah jenis investasi yang terakhir yang isinya aset keuangan. Aset ini bisa beragam bentuk. Misalnya, aset manufaktur atau biasa dikenal dengan Dana Investasi Infrastruktur. 

Keuntungan reksadana untuk pemula 

Keuntungan yang Anda terima yaitu pengalaman investasi. Teman-teman dapat menghasilkan uang melalui sarana investasi daripada mengeluarkan uang. Jumlah keuntungan tergantung pada berapa lama dana Anda mengendap, jumlah yang diinvestasikan, dan jenis reksadana yang digunakan. Anda tidak akan bekerja sendiri, tetapi didukung oleh seorang manajer investasi. Pengelola biasanya memilih reksadana yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

Pilihan reksadana pasar uang 

1. PNM puas 

Produk manajemen investasi PT PNM ini telah menghasilkan 184,37% imbal hasil selama 3 tahun belakangan ini. Tujuan dari investasi ini yaitu untuk mencapai tingkat pertumbuhan nilai dengan kompetitif dalam portofolio investasi yang terdiversifikasi. Oleh karena itu, resiko nya sangat rendah. Baik untuk rupiah maupun mata uang asing, hingga 100% akan diinvestasikan dalam produk pasar uang atau obligasi selama kurang dari 1 tahun. 

2. Mega dana kas syariah 

Produk milik PT Mega Capital Investama ini menawarkan return sebesar 36,34% selama 3 tahun belakangan. Tujuan reksa dana ini yaitu untuk  memenuhi kebutuhan likuiditas nasabah sekaligus menghasilkan pendapatan yang sesuai prinsip syariah.

3. Cipta dana tunai 

Tujuan dari investasi kepercayaan investasi ini yaitu untuk mencapai mendapatkan pertumbuhan modal jangka pendek, yang cocok untuk investor yang mencari pertumbuhan investasi, sementara pada saat yang sama memiliki tingkat likuiditas yang tinggi untuk nilai awal investasi.  PT Ciptadana Asset Management adalah mitra manajer investasi Ajaib, sehingga siapa pun yang berminat dengan produk ini dapat membelinya langsung dari Aplikasi Ajaib secara online. 

4. Sucorinvest money market fund 

Produk milik PT Sucorinvest Asset Management ini telah meraih return sebesar 22,44%. Tujuan dari investasi ini yakni untuk memberikan tingkat pengembalian investasi yang tinggi. Per Januari 2020, alokasi aset  ini adalah 57,81% untuk obligasi  kurang dari satu tahun dan 42,19% untuk deposito dan uang tunai lainnya.

Catatan untuk Anda yaitu sebagai investor pada reksa dana pasar uang  di atas wajib berhati-hati dalam memilih. Artikel ini akan membantu Anda menghindari kebingungan. Pemilihan produk kepercayaan investasi terbaik bisa dilihat dari 3 indikator utama yaitu  hasil, rasio sharpe, dan konsistensi imbalan reksadana. Selamat mencoba!