Yuk, Mengenal Fungsi Manajemen Perusahaan dan Strukturnya

Di sebuah organisasi, terutama di dalam perusahaan pastinya dibutuhkan sistem yang bisa mengelola tugas untuk setiap orang yang ada di dalamnya. Biasanya sistem ini dikenal dengan manajemen perusahaan yang artinya kegiatan mengelola, mengorganisasi aktivitas bisnis dan melakukan koordinasi. Cakupannya mulai dari produksi bahan, mengelola aset, keuangan, menginovasi hingga membuat strategi pemasaran. 

Apabila membahas mengenai tanggung jawab nya, maka dimulai dari perencanaan, pengarahan, organisasi dan pengendalian sumber daya. Seluruh hal tersebut demi terwujudnya visi dan misi perusahaan. 

Tugas manajemen perusahaan 

Peran manajemen yaitu untuk mempertahankan kontrol atas perilaku dan kinerja perusahaan. Untuk melakukan ini, Anda memerlukan seorang pemimpin yang bisa mengarahkan orang-orang ini di perusahaan Anda. Lalu, siapa yang bisa mengambil alih pengelolaan perusahaan? Tentu saja para pemegang saham, direktur, pejabat eksekutif, dan bahkan pemegang saham yang berkepentingan dari perusahaan tertentu.

Para pemimpin ini merupakan bagian dari persyaratan untuk perusahaan bisa mencapai status GCG (Good Corporate Governance). Pemimpin tersebut yaitu manajemen perusahaan, didirikan untuk tujuan seperti: 

  • Menciptakan kontrol serta sistem keseimbang. 
  • Membantu pertumbuhan perusahaan.  
  • Meminimalisir adanya penyalahgunaan sumber daya perusahaan. 

Salah satu cara untuk perusahaan memaksimalkan kinerjanya yaitu menjamin kelestarian  sumber daya manusia (SDA). Terdapat banyak cara untuk pihak manajemen dapat mensejahterakan karyawannya.  Hal ini dapat dilakukan melalui pemberian fasilitas seperti gaji, asuransi karyawan dan bonus tahunan. Asuransi karyawan yaitu asuransi yang diberikan perusahaan untuk karyawannya yang menjadi fasilitas tambahan.

Apa fungsi manajemen perusahaan? 

Manajemen melihat ini sebagai salah satu pencapaian perusahaan. Ketika sebuah perusahaan berjalan dengan baik, itu didukung oleh kualitas para pemimpinnya dan tidak lupa juga dengan pengalamannya. 

Para pemimpinnya diyakini melakukan pekerjaan dengan sangat baik dan memiliki kemampuan untuk menilai situasi saat ini dan masa depan dengan baik. Oleh karena itu, tak perlu dikatakan bahwa manajemen perusahaan yang bagus tergantung pada kualitas orang-orang yang duduk sebagai pimpinan. 

Berikut tugas yang dimiliki oleh manajemen perusahaan. 

  • Manajemen sistem organisasi. 
  • mengarahkan dan memimpin karyawan. 
  • membuat rencana. 
  • Kelola staf. 
  • Kelola organisasi. 
  • Mencegah manipulasi. 
  • Menjaga keuangan tetap seimbang. 
  • Melindungi SDM. 
  • Memberikan fasilitas untuk pencapaian tujuan bisnis.

Hierarki manajemen di perusahaan 

Manajemen perusahaan sendiri mempunyai unit dan bagian yang mencakup kelompok di setiap pemimpinnya. Pada hirarki manajemen perusahaan, biasanya digambarkan seperti: 

  • Pemegang saham adalah institusi tertinggi perusahaan. Ini termasuk anggota dewan eksekutif dan pemilik perusahaan yang jumlahnya minoritas atau mayoritas. Pemegang saham memiliki hak untuk mengelola dan mengendalikan perusahaan, dan memiliki hak untuk mendapat manfaat dari implementasi perusahaan. 
  • Dewan direksi dipilih oleh pemegang saham pada manajemen perusahaan. Perusahaan mempunyai setidaknya dua direktur. Direksi bertanggung jawab penuh untuk mengendalikan bisnis perusahaan. Untuk mendukung pekerjaannya, direktur biasanya mempekerjakan pejabat senior atau eksekutif yang berhubungan dengan struktur tata kelola. 
  • Direktur adalah asisten tugas atau operasi dewan. Manajer ini bertanggung jawab untuk memantau dan mengelola unit unit kecil perusahaan. Biasanya, manajer sangat mengkhususkan diri pada perusahaan, seperti administrator keuangan, manajer pemasaran, administrator perekrutan, dan administrator umum. 

Pengendalian manajemen perusahaan 

Hal yang harus Anda ketahui juga yaitu manajemen perusahaan bertanggung jawab untuk mengelola semua unit perusahaan. Terutama, harus mengelola sumber daya yang perlu dilindungi di perusahaan dengan lebih baik. Di bawah ini adalah jumlah sumber daya yang dikendalikan oleh manajemen perusahaan. 

  • Orang (SDM), manajemen wajib bisa mengurus karyawan dan mengarahkan kegiatan perusahaan. 
  • Keuangan, perusahaan menggunakan sumber daya keuangannya dengan cara terbaik sehingga bisa mencapai tujuan labanya.
  • Bahan baku. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua bahan baku diamankan dengan cara yang paling dinamis dengan limbah yang minimal. 
  • Peralatan dan mesin. Penggunaan peralatan dan mesin harus wajar. Manajemen perusahaan wajib bisa memastikan bahwa itu dipelihara dengan baik. Jika rusak atau perlu diganti, harus langsung diganti. 
  • Bangunan. Pengelola harus bisa memastikan bahwa bangunan tersebut aman dan dapat sepenuhnya digunakan
  • Teknologi. Manajemen wajib bisa memastikan bahwa perusahaan memakai teknologi informasi yang sangat praktis. 

Manajemen perusahaan yang bagus 

Manajemen yang baik merupakan tulang punggung bisnis yang sukses. Semua unit  manajemen perusahaan, terutama karyawan, sangat penting. Walaupun demikian, tanpa  keputusan dari manajemen, perusahaan bisa tidak stabil. 

Mari kita umpamakan manajemen perusahaan seperti seorang pilot. Peran pilot di sini adalah untuk membimbing orang lain yakni karyawan, demi mempertahankan seluruh faktor yang bisa memastikan perjalanan dilakukan dengan aman. Untuk hal tersebut, aman diibaratkan menjadi visi dan misi dari perusahaan. 

Secara teori, manajemen perusahaan memiliki tanggung jawab untuk membuat nilai untuk pemegang sahamnya. Oleh karena itu, manajemen harus mempunyai kecerdasan bisnis untuk menjalankan perusahaan. 

 Inilah informasi mengenai manajemen perusahaan. Semoga dapat mengedukasi Anda yang sedang merencanakan untuk menjalankan sebuah perusahaan.