Yuk Mulai Investasi untuk Dana Pendidikan Anak

Mempersiapkan dana pendidikan anak memang perlu dilakukan orang tua sejak dini.  Kebanyakan orang memilih menabung uang secara konvensional di bank, menggunakan produk asuransi, dan ada yang menanamkan dana ke dalam beberapa instrumen investasi. Kalau melihat prospek jangka panjang, tentu lebih menguntungkan investasi karena dapat meningkat nilai uang.

Berbagai instrumen investasi dapat menjadi pilihan alternatif bagi dana pendidikan anak di masa depan. Masing-masing produk memberikan hasil imbal balik yang berbeda, sesuai profil risiko dan jangka waktunya. Jika Anda memilih investasi maka lakukan secara bijak dan harus sudah menyusun rencana anggaran sematang mungkin.

Pilihan Investasi Menjanjikan untuk Dana Pendidikan Anak

Sudah bukan rahasia lagi jika setiap tahunnya biaya pendidikan di Indonesia dapat melebihi nilai inflasi. Dalam beberapa tahun terakhir, data menunjukkan terjadi kenaikan biaya mulai dari 10%-15%. Kondisi tersebut tentu memberatkan keuangan keluarga, ditambah lagi pandemi Covid-19 yang mendorong Anda untuk menempatkan beberapa prioritas untuk kebutuhan pokok dan biaya pendidikan.

Maka dari itu, mulai dari sekarang para orang tua perlu mempersiapkan dana khusus untuk tabungan pendidikan anak di masa depan. Disinilah kami akan membantu Anda memilih produk investasi menjanjikan. Berikut beberapa diantaranya.

Deposito

Deposito hampir serupa dengan tabungan, yakni produk simpanan bank dengan sistem penyetoran di awal yang memiliki ketentuan penarikan. Kalau pada tabungan biasa pihak bank memperbolehkan nasabahnya menarik uang kapan saja, maka untuk penarikan deposito harus sesuai jangka waktu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Jenis produk ini cocok untuk menyiapkan dana pendidikan anak, karena sifatnya berjangka sehingga tidak dapat diambil sesuka hati.

Pilihan waktu deposito umumnya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, dan paling lama 1 tahun. Produk deposito terbilang aman dan lebih besar bunganya dari jenis tabungan biasa. Per tahun berkisar antara 5% – 6,5. Namun produk ini tidak bisa menjadi pilihan orang-orang yang mengharapkan keuntungan besar dari dana investasi.

Emas

Yakni bentuk investasi modal yang dilakukan pada jenis logam mulia. Investasi emas bisa dibilang menguntungkan karena terus mengalami kenaikan nilai, jarang turun drastis dan bisa disimpan dalam waktu lama. Jenis investasi ini cocok untuk tabungan pendidikan anak, berguna dalam keadaan ekonomi yang tidak menentu karena dapat jadi alat tukar, dan bisa digunakan sebagai dana darurat.

Ada beberapa jenis investasi emas yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari emas batangan, perhiasan, hingga tabungan emas. Berinvestasi pada emas tidak memerlukan modal yang besar, sehingga menjadi keuntungan bagi para orang tua yang ingin mengamankan nilai uangnya.

Reksadana

Instrumen investasi selanjutnya yang aman untuk dana pendidikan ada reksadana. Berdasarkan pengertiannya, reksadana merupakan wadah untuk menghimpun uang masyarakat yang nanti dikelola dan investasikan ke beberapa instrumen investasi seperti pasar uang, obligasi dan saham, dimana kegiatan ini dilakukan oleh manajer investasi berpengalaman. Investasi reksadana sangat terjangkau, modal awal hanya Rp. 100 ribu saja dengan risiko yang lebih kecil.

Para investor pemula tak perlu takut salah beli karena pengelolaan aset akan dibantu oleh para ahlinya. Prinsip reksadana adalah diversifikasi sehingga aset akan disebarkan pada banyak instrumen. Fleksibilitas dalam bertransaksi juga menjadi salah satu alasan kenapa produk investasi ini menjadi pilihan terbaik untuk mempersiapkan dana pendidikan anak.

Properti

Investasi properti berhubungan dengan kegiatan jual beli tanah, apartemen, ruko, rumah, dan bangunan komersil. Tentu kita semua tahu bahwa harga properti di Indonesia cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Bahkan bisa berkisar antara 10%-20% per tahun. Dengan nilai yang terus bertambah menjadikan aset properti sebagai instrumen investasi menguntungkan.

Investasi properti juga mampu bertahan lama tanpa mengurangi harga. Walaupun dana yang dikeluarkan cukup besar, namun resiko ruginya sangat kecil. Properti memiliki pergerakan harga yang stabil sehingga resiko lebih rendah dari produk investasi lainnya. Aset properti bahkan dapat dijadikan pinjaman uang bila sewaktu-waktu Anda terdesak membutuhkan dana pinjaman dengan agunan.

Jika mulai menginvestasikan sejumlah uang dalam bentuk properti, mungkin Anda akan memperoleh harga jual berkali lipat lebih besar dalam waktu 5-10 tahun mendatang. Bukan hanya itu saja, instrumen ini juga dapat mendatangkan penghasilan setiap bulan atau setiap tahun.

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan menawarkan keuntungan bunga yang lebih besar dari tabungan pendidikan biasanya, berkisar antara 15%-23% per tahun. Itu karena produk ini mengalokasikan dana dalam bentuk investasi. Beberapa penyedia asuransi pendidikan bahkan menawarkan fitur tambahan sekaligus perlindungan. Jika terjadi resiko pada orang tua, maka si anak tetap mendapatkan dana pendidikan sesuai yang telah disepakati tanpa harus membayar premi.

Sebagai orang tua, sudah saatnya Anda merencanakan masa depan yang baik untuk sang buah hati. Jangan lagi menunda waktu untuk menyiapkan dana pendidikan mereka sejak dini agar mudah nantinya. Silahkan pilih salah satu instrumen investasi yang tepat atau beberapa diantaranya sekaligus dengan pertimbangan matang.