Yuk, Pahami Cara Berinvestasi untuk Pemula

Seiring dengan banyak nya minat investor pemula guna mendapatkan kebebasan finansial, di bawah ini kami telah menyiapkan beberapa cara berinvestasi yang paling mudah untuk para pemula. Langkah pertama Anda hanya harus mengetahui bagaimana mengatur keuangan. Hal tersebut bisa mempermudah Anda untuk menaruh modal atau aset di produk investasi dengan jangka waktu yang Anda inginkan.

Saat ini investasi merupakan kegiatan paling tepat untuk mencapai banyak tujuan keuangan misalnya membeli rumah, apartemen, kendaraan, pergi berlibur, biaya pendidikan anak, biaya pernikahan, sampai dana pensiun. Biasanya, untuk investor yang masih pemula pasti bingung untuk memulai investasi ini. Untuk itu, kami menyiapkan beberapa tips berinvestasi yang mudah untuk anda yang dapat dilakukan supaya anda dapat memulainya dari sekarang tanpa ragu.

1.     Membuat tujuan investasi

Sebelum anda memulai beri investasi, Anda harus membuat tujuan investasi lebih dulu. Contohnya, Anda ingin memiliki dana darurat, menikah di umur 30 tahun, berlibur bersama keluarga, membeli rumah, ataupun membeli kendaraan.

Tujuan investasi tersebut guna membangun komitmen tanda untuk mencapai mimpi tersebut. Apabila anda tidak memiliki tujuan, maka Anda bisa kehilangan motivasi, bingung untuk mengalokasikan dana, dan juga tidak konsisten saat berinvestasi.

2.     Perkirakan jumlahnya

Sesudah anda membuat tujuan investasi, Anda harus memperhitungkan pula alokasi dana tersebut serta jangka waktunya guna mencapai tujuan yang telah Anda terapkan. Selain itu, Anda pun harus memastikan jumlah dana yang telah Anda miliki sekarang. Lalu, Anda pun dapat memperkirakan jangka waktu dari investasi tersebut.

Contohnya, Anda ingin membayar uang muka rumah senilai Rp 50 juta dan memiliki rencana untuk membelinya dua tahun kemudian. Oleh karena itu, Anda harus menghitung jumlah uang yang telah Anda miliki sekarang. Setelah itu, Anda dapat menentukan jumlah dana yang ingin dialokasikan untuk tujuan tersebut sesuai jangka waktu yang telah Anda terapkan. Dengan begitu, anda bisa lebih konsisten untuk mengalokasikan dana guna membayar uang muka rumah.

3.     Pahami resiko

Sebagai investor pemula maka Anda wajib menyesuaikan tujuan investasi, waktu dan juga resiko nya. Anda yang ingin berinvestasi pada reksa dana karena resikonya rendah bisa memilih reksadana pasar uang. Alat investasi berjangka pendek tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi untuk jangka waktu satu hingga 2 tahun ataupun nanya ingin memiliki dana darurat.

Lalu, apabila anda ingin berinvestasi jangka panjang dan berani untuk mengambil resiko, maka kamu bisa menggunakan investasi saham yang mempunyai resiko tinggi. Walaupun mempunyai resiko yang tinggi, instrumen investasi tersebut bisa memberikan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan reksadana dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun.

Tetapi, apabila anda tidak menginginkan jangka pendek maupun panjang, anda bisa memilih reksadana campuran. Produk yang satu ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda dapat mempersiapkan biaya pernikahan, membayar uang muka dan juga untuk tabungan liburan.

4.     Pilih produk terbaik

Cara berikutnya untuk beri investasi yang harus anda ketahui yaitu anda harus memilih perusahaan atau produk investasi terbaik agar anda bisa mendapatkan keuntungan. Tidak perlu khawatir karena di beberapa aplikasi investasi saat ini sudah terdapat Manajer Investasi (MI) yang bisa membantu Anda untuk mengelola instrumen investasi tersebut.

5.     Rutin berinvestasi

Biasanya, para pemula mengandalkan pemasukan bulanan guna mencapai cita cita di masa depan. Untuk berinvestasi, Anda harus mengalokasikan Sebagian pendapatan guna investasi dengan konsisten. Hal tersebut menjadi sebuah kunci utama untuk berinvestasi. Anda bisa menyesuaikan jumlah investasi sesuai dengan kemampuan finansial Anda

Selain itu, anda bisa menjadikan investasi untuk kegiatan bulanan supaya anda terus berinvestasi dengan nominal berapa saja. Apabila Anda mendapatkan gaji di awal, maka anda bisa menginvestasikannya di awal bulan. Dengan begitu, anda tidak lagi harus menunggu sisa uang untuk digunakan berinvestasi. Sehingga, investasi menjadi salah satu prioritas utama Anda ketika gajian. Dengan anda rutin ber investasi, maka mempercepat pula Anda dapat mewujudkan cita cita yang telah anda inginkan.

6.     Konsisten

Untuk berinvestasi tentu saja Anda harus konsisten menjalani nya agar tidak gampang untuk menjual saham atau reksa dana yang sudah anda beli dengan mudah. Konsisten ini pun akan membuat kan hasil nantinya karena Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak apabila anda konsisten dan juga sabar untuk menunggu hasil.

Apabila saham atau reksadana sedang turun, jangan langsung ada menjualnya. Biasanya karena terlalu cemas, para pemula langsung menjual reksa dana atau saham tersebut karena harganya sedang turun. Tunggulah dulu karena nantinya harga tersebut bisa naik kembali.

Demikianlah beberapa cara mudah untuk berinvestasi yang harus anda ketahui sebagai pemula. Semoga informasi diatas bisa membantu Anda untuk berinvestasi.